alexametrics

Pembelajaran IPS selama Pandemi dengan Media Video

Oleh: Sundari, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3: “Tujuan pendidikan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab”. Tujuan pendidikan nasional yang pertama tercapai adalah di jenjang pendidikan paling dasar yaitu di SD.

Guru SD berperan penting karena sebagai penanam konsep dasar. Proses pembelajaran harus didasarkan pada karakteristik perkembangan anak usia SD. Tercapainya tujuan pembelajaran di SD dipengaruhi oleh keefektifan proses pembelajaran mata pelajaran di dalam kelas.

Proses pembelajaran di SD umumnya menggunakan penekanan pada aspek pengetahuan. Pembelajaran IPS kelas 4 SD Negeri 03 Legokkalong untuk kompetensi dasar (KD) 3.1 yakni mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi selama ini dinilai masih belum maksimal. Siswa kurang aktif, tidak semangat, merasa jenuh, dan bosan pada saat belajar jarak jauh, sehingga hasil belajar menjadi rendah.

Baca juga:  Pembelajaran Daring Tingkatkan Karakter Kemandirian

Hal ini membuat guru mencari media yang tepat untuk mengaktifkan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran ini, penulis memilih media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar jarak jauh atau daring.

Media merupakan alat bantu yang bisa membuat siswa menjadi lebih mengerti dan fokus untuk memperhatikan materi yang diajarakan oleh guru. Media membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran. Media belajar dapat berupa benda konkret, visual, audiovisual dan lain- lain.

Langkah yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut: Pertama, guru menyapa siswa di WhatsApp Group untuk mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar siswa sebelum memulai pembelajaran. Kedua, guru mengirim video lewat WA Group. Ketiga, siswa menonton video yang diberikan oleh guru, kemudian siswa diberi kesempatan bertanya jawab apabila ada meteri yang kurang dipahaminya.

Baca juga:  Revitalisasi Pendidikan Karakter Akhlak Terpuji di Era Milenial

Keempat, guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran. Guru memberikan soal kepada siswa, dan mengoreksi jawaban siswa. Nilai di-share di WA group supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar dengan tahu nilainya sendiri dan nilai temannya. Sehingga mereka akan termotivasi untuk belajar supaya nilai hasil belajarnya menjadi yang terbaik.

Dengan demikian, video pembelajaran membuat siswa semangat dalam belajar jarak jauh. Sehingga hasil belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPS di kelas IV semester 1 SDN 03 Legokkalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. (bw1/aro)

Guru Kelas 4 SDN 03 Legokkalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya