alexametrics

Tingkatkan Partisipasi Siswa melalui Small Group Discussion

Oleh : Siti Mutamimah S.Ag

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SOROTAN pada dunia pendidikan saat ini adalah menurunnya prestasi belajar dan rendahnya akhlak siswa. Salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya kemampuan guru dalam memilih metode pembelajaran, termasuk di dalamnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP).

Untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran diperlukan adanya proses belajar mengajar yang baik, sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki siswa. Peran guru sebagai pelaksana kurikulum di lembaga pendidikan sangat penting, karena dengan kompetensi yang dimiliki dapat menciptakan proses belajar mengajar yang berkualitas.

Realitanya menunjukkan bahwa partisipasi siswa di SMP Negeri 2 Kesesi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas tergolong rendah dan pasif. Rendahnya partisipasi siswa mengakibatkan kegiatan pembelajaran kurang efektif untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Untuk mencapai hasil yang lebih baik, maka guru harus mengubah paradigma dalam melaksanakan pembelajaran. Metode small group discussion memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi siswa untuk mengembangkan potensi dirinya. Metode small group discussion peneliti yakini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran.

Baca juga:  Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Vocabulary Graphic Organizer

Berdasarkan pendapat Tjokrowinoto dalam Suryobroto (2012: 278) partisipasi adalah penyertaan mental dan emosi seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorong mereka untuk mengembangkan daya pikir dan perasaan mereka bagi terciptanya tujuan-tujuan bersama tanggung jawab terhadap tujuan tersebut. Partisipasi siswa dapat didefinisikan sebagai keterlibatan mental, fisik, dan emosi seseorang dalam memberikan respon terhadap kegiatan yang sedang dilakukan guna mencapai tujuan bersama. Pada proses belajar mengajar di sekolah, partisipasi ini dapat diartikan sebagai keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas.

Diskusi dalam proses pengajaran adalah cara yang dilakukan dalam mempelajari bahan atau menyampaikan materi dengan jalan mendiskusikannya, dengan tujuan dapat menimbulkan pengertian serta perubahan tingkah laku anak didiknya.

Baca juga:  Menanggulangi Siswa Kurang Mampu Belajar saat Pandemi dengan Metode Home Visit

Small group discussion adalah proses pembelajaran dengan melakukan diskusi kelompok kecil tujuannya agar peserta didik memiliki ketrampilan memecahkan masalah terkait materi pokok dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Small group discussion juga berarti proses penglihatan dua atau lebih individu yang berinteraksi secara global dan saling berhadapan muka mengenai tujuan atau sasaran yang sudah tertentu melalui tukar menukar informasi, mempertahankan pendapat atau pemecahan masalah.

Small group discussion sebagaimana pembelajaran kelompok lainnya memiliki unsur-unsur yang saling terkait, yakni: Saling ketergantungan positif (positive interdependence), akuntabilitas individual (individual accountability), tatap muka (face to face interaction), ketrampilan sosial (social skill), proses kelompok (Group Processing).

Baca juga:  Menulis Procedure Text melalui Kolaborasi Chain Writing dan Model CIRC

Hasil dari penerapan model Small Group Discussion dalam pembelajaran di satuan pendidikan ini adalah partisipasi siswa pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti mengalami kenaikan pada kategori baik dan baik sekali. Dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan siswa yang mencapai di atas KKM 95 persen.

Setelah melihat ketercapaian yang ada hendaknya guru selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru harus faham dan menyiapkan pembelajaran dengan baik. Model Small Group Discussion dapat digunakan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Siswa lebih rajin belajar dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Meningkatkan lagi kemampuan belajar dengan belajar bersama-sama dengan teman lain sekolah yang maju teknik pembelajarannya. (bp1/ida)

Guru PAI & BP SMPN 2 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya