alexametrics

Belajar Menjumlah dan Mengurangkan Bilangan Bulat dengan Tutup Botol

Oleh : Siti Duwi Umayah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan di sekolah bertujuan agar siswa mampu bekerja secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimiliki. Sesuai dengan kurikulum tujan pembelajaran matematika adalah membekali siswa dengan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai contoh terkait hitung-menghitung, mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, yang tidak dapat dilakukan dengan menggunakan kalkulator dan komputer. Selain itu, pelajaran matematika juga dibutuhkan untuk membantu siswa memahami bidang studi lain seperti fisika, kimia, ekonomi, dan sebagainya. Sehingga para siswa dapat berfikir logis, kritis, dan praktis, disertai sikap positif dan jiwa kreatif. Adapun tujuan pembelajaran matematika di sekolah dasar (SD) secara umum adalah agar siswa mampu dan trampil menggunakan matematika.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Menulis Aksara Jawa dengan Estafet Writing

Berhubung pada siswa sekolah dasar masih dalam taraf berfikir konkret, berarti pendekatan yang harus sesuai dengan tingkat perkembangan mental anak diusianya.

Permasalahan yang muncul pada sistem bilangan bulat bagi siswa kelas VI khususnya pada SD Negeri 02 Sumublor yaitu pada saat mereka akan melakukan operasi hitung seperti: 4 + (-7); -6 + 9; -3 – (-6); 2 – 7 dan sebagainya. Masalah yang muncul dalam kaitannya dengan soal-soal tersebut adalah bagaimana memberikan penjelasan dan cara menanamkan pengertian operasi tersebut secara konkret.
Pada pembelajaran matematika kelas VI terdapat materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Di sini kita dapat menggunakan tutp botol air mineral yang berbeda warna sebagai alat peraga untuk pembelajaran penerapan konsep pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, karena hampir setiap hari anak-anak menjumpai tutup botol bekas air mineral di sekitar mereka.
Kita sediakan tutup botol air mineral yang berbeda warna tersebut, misalnya tutup botol air mineral yang warnanya biru dan merah (warna biru positif sedangkan warna merah negatif).

Baca juga:  Metode PBM Tumbuhkan Semangat Belajar Bilangan Bulat Positif Negatif

Pertama yang kita lakukan adalah memberikan suatu permasalahan misalnya : (-20) + 9 yaitu, 20 siswa maju ke depan kelas untuk mengambil tutup botol yang berwarna merah dan 9 siswa mengambil tutup botol yang berwarna biru.

Kedua siswa yang sudah memegang tutup botol masing-masing ditugaskan untuk mencari pasangan yang berbeda warna. Ketiga sembilan siswa yang menemukan pasangannya mengelompok tersendiri dan yang tidak menemukan pasangannya mereka berbaris dan berhitung dari kiri ke kanan.

Setelah siswa selesai berhitung (ada 11 siswa yang telah mendapatkan pasangannya), siswa diperintahkan untuk duduk kembali ketempat duduk masing-masing, kemudian guru menyimpulkan. Bahwa peragaan tadi adalah konsep dari menjumlah bilangan bulat yang berarti menjumlah dari (-20) + 9 adalah 1. Karena tadi dari hasil permainan mencari pasangan tutup botol yang tidak mendapatkan pasangan ada 11 siswa. Begitu juga pada operasi hitung pengurangan. Demikian sekilas tentang cara menggunakan alat peraga tutup botol air mineral dalam pembelajaran menjumlah dan mengurang bilangan bulat. Melalui pembelajaran secara praktik langsung, maka pembelajaran semakin menyenengkan dan mudah di pahami, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. (bp1/lis)

Baca juga:  Paham Matematika dengan Matematika Realistik (MR)

Guru SD Negeri 02 Sumublor, Kec. Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya