alexametrics

Belajar Melalui Televisi Tanpa Gangguan yang Berarti

Oleh : Rumiyati, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu teknologi yang sangat berpengaruh penting terhadap kehidupan bangsa ini adalah media televisi. Tayangan televisi sebenarnya memiliki beberapa peran dalam masyarakat. Peran-peran tersebut ialah sebagai media hiburan, pendidikan, informasi, dan media promosi. Menurut Subroto (1994:17), televisi sebagai media massa memiliki fungsi sebagai media pendidikan, hiburan, dan promosi.

Tayangan televisi di antaranya berperan sebagai media pendidikan. Lewat tayangan televisi, kita telah melakukan pembelajaran audio visual. Manusia harus terus belajar untuk memenuhi tuntutan kehidupan, dan tuntutan zaman yang semakin maju. Tidak seperti zaman dahulu, belajar hanya bisa dilakukan secara formal di sekolah. Namun pada zaman sekarang, semakin majunya zaman, teknologi semakin canggih, manusia semakin mudah untuk beraktifitas, begitupun dengan belajar tidak hanya didapat dari bangku sekolah saja.

Baca juga:  Belajar Menulis Kata dengan Gambar Lebih Asyik

Tidak sedikit tayangan televisi yang memberikan tontonan yang bermanfaat bagi siswa, dan dianggap dapat mengubah perilaku siswa kearah yang positif. Seperti tanyangan tayangan memasak yang dapat memberikan informasi tentang resep masakan. Sebuah tayangan masa kini yang menyajikan informasi mengenai pengetahuan Mata Pelajaran Prakarya yang dikemas dengan sedemikian rupa sehingga siswa lebih mudah mencerna. Siaran televisi merupakan media yang sangat ampuh (a powerful medium) dalam menyebarkan informasi kepada siswa secara serempak. Televisi juga mempunyai daya jangkau yang luas dan mampu meniadakan batas wilayah geografis, sistem sosial, politik dan budaya pemirsa.

Akan tetapi selain yang disebutkan diatas, sangat penting kita ketahui bahwasannya televisi juga mempunyai potensi yang sangat besar dalam mempengaruhi sikap seseorang, kreativitas, motivasi, pandangan hidup, gaya hidup, dan juga orientasi siswa. Dengan demikian, salah satu bentuk pendayagunaan tegnologi komunikasi adalah media televisi. Media televisi sebagai media yang terbukti memiliki kemampuan yang sangat efektif sehingga dimanfaatkan untuk penyiaran program-program pembelajaran bagi siswa secara nasional (Warsita, 2008:117).

Baca juga:  Project Based Learning dalam Pembelajaran Prakarya Berbasis Google Classroom

Televisi sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan, diantaranya: Jangkauannya luas, tampilannya menarik dan modern, menampilkan objek atau kegiatan yang tidak bisa dilihat langsung oleh masyarakat luas, sifatnya langsung dan nyata. Televisi juga mempunyai kekurangan yaitu: sifat komunikasinya hanya satu arah (tidak interaktif), televisi pada saat disiarkan akan berjalan terus jadi tidak ada kesempatan untuk memahami pesa-pesannya,hanya satu kali siaran, jadi jika sudah ketinggalan tayangan tidak bisa mengulangnya lagi.

Televisi sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 1 Kesesi yang berarti televisi digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa. Televisi dapat memberikan beberapa informasi yang bermanfaat untuk pembelajaran Mata Pelajaran Prakarya. Dalam hal ini berkaitan dengan siaran-siaran televisis yang menampilkan resep memasak, dan pengetahuan tentang cara memasak dan bahkan sampai lomba memasak. Televisi dinilai dapat lebih efektif dalam memberikan informasi kepadasiswa, karena siaran disiarkan secara bersamaan di seluruh penjuru tempat tinggal siswa. Guru aktif memberiinformasi jam tayang tentang pembelajaran yang terkait dengan pelajaran Prakarya. Jadi, seluruh siswa dapat memperoleh informasi yang sama. Dengan ini siswa yang ada tidak akan ketinggalan informasi lagi. Dan melalui televisi minim gangguan sinyal. (bp1/ton)

Baca juga:  Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Video Lebih Menarik

Guru Prakarya SMP Negeri 1 Kesesi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya