alexametrics

Strategi CTL Dahsyat Mendongkrak Minat Belajar Siswa

Oleh : Kusmiati Andraeny, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Keberhasilan pendidikan di sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh peran guru. Guru harus menguasai materi pembelajaran, menguasai kelas, menggunakan alat peraga, mampu menerapkan berbagai metode, model, dan strategi pembelajaran secara bervariasi, sehingga siswa tidak bosan bahkan merasa nyaman dan senang untuk mengikuti pembelajaran.

Pada muatan pelajaran bahasa Indonesia tentang sifat-sifat benda di kelas II SD dalam KD. 3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/eksplorasi lingkungan, minat belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan masih banyak guru yang mengajar dengan metode ceramah dan guru merupakan satu-satunya sumber belajar.

Rendahnya minat belajar siswa juga penulis alami di SD Negeri Karanggeneng 01 Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. Maka, penulis mencoba strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal.

Baca juga:  Problem Posing Classroom Bangkitkan Minat Belajar Materi Penyajian Data

Menurut Diknas (2008:28), CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan perencanaan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar pada saat guru menghadirkan dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa mendapat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Menurut Sutikno (2009:17), minat merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa adanya yang menyuruh. Minat selalu diikuti dengan perasaan senang dan akhirnya memperoleh kepuasan. Minat belajar adalah rasa suka atau ketertarikan siswa terhadap pelajaran sehingga mendorong siswa untuk menguasai pengetahuan, pengalaman, informasi, keterampilan psikomotorik dan kognitif. Minat belajar sebagai pendorong yang kuat dalam mencapai prestasi.

Baca juga:  Optimalkan Belajar Membaca Pemahaman Teks Narasi dengan SQ3R

Setelah penulis menggunakan strategi CTL untuk mengetahui sifat-sifat benda, semua siswa sangat antusias dan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

Langkah-langkah strategi pembelajaran CTL adalah sebagai berikut: pertama, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Kedua, setiap kelompok mempersiapkan benda-benda nyata seperti pensil, penghapus, penggaris, rautan, air putih, sirup, air teh, gelas, botol, mangkuk, balon, dan plastik transparan. Ketiga, siswa diarahkan untuk mengembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri dan mengkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya. Keempat, laksanakan sejauh mungkin kegiatan inquiri untuk semua topik, dalam hal ini melakukan percobaan untuk mengetahui sifat-sifat benda padat, cair, dan gas. Kelima, kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya tentang percobaan dan pengamatan yang mereka lakukan. Keenam, tulis hasil percobaan dan pengamatan serta presentasikan di depan kelas. Ketujuh, kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang sudah dipresentasikan. Kedelapan, siswa bersama guru menyimpulkan dan merefleksi hasil kegiatan dalam membuktikan sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.

Baca juga:  Metode Eksperimen Falam Pembelajaran Sains untuk Menarik Minat Belajar Anak Usia Dini

Dari strategi pembelajaran CTL untuk mengetahui sifat-sifat benda padat, cair, dan gas, penulis dapat menyimpulkan bahwa semua siswa tertarik dan aktif terlibat melakukan percobaan dan pengamatan untuk menemukan sendiri sifat-sifat benda tersebut. Minat belajar siswa juga semakin meningkat, sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai dengan optimal. (pai2/lis)

Guru SDN Karanggeneng 01, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya