alexametrics

Memahami Materi Perubahan Sosial dari Wabah Covid-19

Oleh : Indah Kartika Sari, S,Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada pembahasan materi sosiologi untuk peserta didik kelas XII semester 1 ada materi perubahan sosial. Kebetulan sekali peserta didik disini mengalami perubahan sosial yang cepat dan tidak diinginkan oleh mereka karena adanya wabah Covid-19 yang menyebar di berbagai dunia. Peserta didik bisa belajar langsung dari pengalaman-pengalaman yang mereka alami mengenai perubahan sosial dan peserta didik bisa melihat atau mendengar langsung perubahan-perubahan apa saja yang terjadi di dalam masyarakat sebagai dampak dari wabah Covid-19 ini.

Pada dasarnya, perubahan sosial merupakan respons dari masyarakat baik disadari maupun tidak sebagai upaya menyesuaikan diri (adaptasi) dengan kondisi yang terjadi di sekelilingnya. Seperti yang dikemukakan Antropolog J.P Gillin dan J.L Gillin (1954), mereka berpendapat bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat dapat kita jumpai berbagai bentuk perubahan sosial, bentuk-bentuk perubahan sosial salah satunya yaitu Perubahan Sosial yang Tidak Direncanakan (Tidak Dikehendaki).

Baca juga:  Penggunaan Sosial Media dalam Pembelajaraan Permasalahan Sosial

Dilihat dari materi sosiologi, perubahan sosial akibat wabah Covid-19 berlangsung secara cepat dan tidak dikehendaki kehadirannya oleh masyarakat. Akibatnya, ketidaksiapan masyarakat dalam menghadapi wabah ini pada gilirannya telah menyebabkan disorganisasi sosial di segala aspek kehidupan masyarakat. Untuk itu perlu penyesuaian dalam menghadapi perubahan tersebut.

Perubahan sosial di tengah wabah Covid-19 juga telah melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru berupa terjadinya perubahan perilaku sosial masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Kondisi ini sekaligus mempertegas bahwa fungsi teknologi menjadi sangat penting sebagai perantara interaksi sosial masyarakat di era wabah Covid-19 saat ini, di mana masyarakat harus bisa menyesuaikan dengan perubahan kondisi tersebut.

Berbagai penyesuaian yang dilakukan telah menyebabkan terjadinya perubahan sosial yang begitu cepat. Perubahan sosial yang dimaksud adalah adanya kondisi kehidupan ‘New Normal’ dalam sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari, seperti kebiasaan menggunakan masker bila bepergian atau kegiatan yang melibatkan banyak orang, wajib cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak sosial dan fisik dalam bekerja atau kerumunan (social and physical distancing), dimana hal ini berbeda dengan perilaku kehidupan masyarakat sebelumnya.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sosiologi dengan Tutor Sebaya

Dengan terjadinya perubahan perilaku masyarakat sekitar karena wabah Covid-19 ini bisa memudahkan peserta didik untuk lebih memahami materi perubahan sosial yang mereka pelajari pada BAB 1 semester ganjil. Bisa dilihat dengan pengumpulan dan jawaban dari tugas yang saya berikan, dalam penyampaian tugas saya memberikan tugas yang bersifat penerapan perubahan masyarakat yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan yang telah dialami oleh dirinya maupun masyarakat sekitarnya. Peserta didik bisa menjawab dengan detail dan kreatif sesuai pemikiran dan kemampuan mereka masing-masing mengenai perubahan sosial yang mereka alami dari faktor kehidupan ekonomi, sosial dan budaya termasuk perubahan dalam segi kegiatan pembelajaran yang beralih dari tatap muka menjadi pembelajaran online dengan menggunakan teknologi informasi sebagai media utamanya. (pai2/ton)

Baca juga:  Metode Chunking Plus Tingkatkan Semangat Belajar Pancasila

Guru Sosiologi SMA N 1 Wonotunggal Kab. Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya