alexametrics

Tingkatkan Minat Belajar Siswa melalui Bimbingan Psiko-Edukatif

Oleh : Yescy Erlina S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SITUASI kehidupan sekarang ini sangat penuh tantangan, persaingan, yang berdampak dengan tingkat depresi yang tinggi. Menurut David Elkind (Materi pokok SD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan/Kemendikbud, 2017), kehidupan anak-anak setiap hari dipenuhi akan stres, tekanan, dan ketegangan yang harus diketahui guru dan orang tua.
Pengembangan kompetensi hidup anak secara utuh memerlukan sistem layanan pendidikan di SDN 2 Bumiharjo yang tidak hanya mengandalkan layanan akademik melalui pembelajaran dan manajemen saja, tetapi juga menyediakan layanan khusus yang bersifat psiko-edukatif.

Pada tingkat sekolah dasar (SD), peserta didik memerlukan kesiapan untuk mengikuti proses pembelajaran. Karena rentang usia yang panjang yang dijalani di SD sehingga muncul berbagai masalah. Perbedaan kondisi tersebut menggambarkan adanya variasi. Kebutuhan pengembangan secara utuh dan optimal yang harus difasilitasi oleh guru melalui layanan bimbingan yang bersifat psiko-edukatif. Layanan psiko-edukatif mencakup kegiatan yang bersifat pencegahan, perbaikan, pemeliharaan, dan pengembangan.

Baca juga:  Sistem Osmoregulasi Ikan Berbasis Video Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Tujuan secara umum bimbingan psiko-edukatif adalah membantu peserta didik agar dapat mencapai kematangan dan kemandirian dalam kehidupan serta menjalankan tugas-tugas perkembangannya yang mencakup aspek pribadi, sosial, belajar secara utuh dan optimal.

Selain tujuan secara umum bimbingan psiko-edukatif juga bisa membantu mengembangkan potensi peserta didik yang memiliki keunggulan di berbagai bidang dan dapat membantu peserta didik mengatasi permasalahan pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah pada tingkat yang belum membutuhkan layanan konselor atau profesi lain.
Kegiatan layanan bimbingan psiko-edukatif dilaksnakan oleh guru kelas. Layanan diselenggarakan di dalam kelas (bimbingan klasikal) dan di luar kelas. Dalam bimbingan psiko-edukatif memberikan layanan bakat dan minat khusus.

Baca juga:  Strategi CTL Dahsyat Mendongkrak Minat Belajar Siswa

Dengan adanya bimbingan psiko-edukatif membantu pesrta didik yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dan dapat mengembangkan potensi peserta didik yang memiliki keunggulan di berbagai bidang. (fbs1/ida)

Guru SDN 2 Bumiharjo

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya