alexametrics

Pembelajaran Kegiatan Ekonomi lebih Efektif di Luar Kelas

Oleh: Rosana, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATA pelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang terpadu atau terintegrasi dari beberapa disiplin ilmu sosial dan humaniora serta fokus pada keterampilan diri siswa agar menjadi warga negara yang baik dan mampu menyelesaikan masalah di lingkungannya.

Menurut Rochman Natawijaya dalam Depdiknas (2005:31), belajar aktif adalah suatu sistem belajar mengajar yang menekankan keaktifan peserta didik secara fisik, mental intelektual dan emosional guna memperoleh hasil belajar yang berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan demikian siswa yang lebih banyak melakukan kegiatan sedangkan guru lebih banyak membimbing dan mengarahkan. Faktor guru sebagai penyelenggara pembelajaran memegang peranan penting terhadap keberhasilan kegiatan belajar.

Ketika siswa kurang senang dengan mata pelajaran yang kita ampu, berarti ada masalah pada diri kita pada saat melakukan proses KBM yang kurang menyenangkan karena merasa bosan dengan metode mengajar yang kita gunakan, apalagi tidak pernah mengajak siswa untuk belajar di luar kelas.

Baca juga:  Perekonomian Jateng Tumbuh 5,66 Persen

Salah satu materi IPS kelas 7 di SMPN 3 Pemalang adalah “Kegiatan Ekonomi”. Kegiatan ekonomi adalah aktivitas yang dilakukan manusia demi memperoleh barang atau jasa. Sederhananya, kegiatan ini dilakukan manusia untuk mencapai kemakmuran dalam hidupnya. Kegiatan ekonomi diukur menurut uang yang dihasilkan dalam transaksi.

Kegiatan ekonomi bisa dikatakan sebagai aktivitas produksi, menjual, atau membeli suatu produk dan jasa. Dari pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa kegiatan ekonomi merupakan serangkaian tindakan yang mampu menghasilkan, memperdagangkan, dan mendistribusikan produk atau jasa dengan melibatkan transaksi jual beli. Metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi kegiatan ekonomi adalah pembelajaran di luar kelas.

Menurut Vera (2012), pembelajaran di luar kelas merupakan kegiatan belajar antara guru dan siswa, namun tidak dilakukan di dalam kelas, tetapi dilakukan di luar kelas atau alam terbuka sebagai kegiatan pembelajaran siswa. Pembelajaran di luar kelas merupakan cara mengajar guru dengan jalan membimbing siswa di lapangan atau pembelajaran yang menggunakan sumber belajar dan bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami sendiri , kemudian mentransfer pengetahuan berdasarkan pengalaman yang dimiliki, diterjemahkan dan dikembangkan berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

Baca juga:  Belajar Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi dan Politik Asean dengan Pohon Jaringan

Berbagai lokasi dapat digunakan untuk pembelajaran di luar kelas antara lain lingkungan di sekitar sekolah dan di luar sekolah. Lingkungan sekolah kaya akan sumber belajar yang dapat dilakukan secara formal maupun non formal. Sedangkan Lingkungan sekitar di luar sekolah memperkaya kurikulum.

Langkah pelaksanaan pembelajaran di luar kelas bisa dilakukan dengan kegiatan belajar di tempat yang sesuai dengan rencana yang telah disiapkan. Biasanya kegiatan belajar diawali dengan penjelasan guru mengenai objek yang dikunjungi sesuai dengan permintaan yang telah disampaikan sebelumnya. Dalam penjelasan ini, para siswa bisa mengajukan beberapa pertanyaan melalui kelompoknya masing-masing supaya waktunya bisa lebih cermat. Kemudian siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari penjelasan tersebut. Setelah itu siswa dengan bimbingan guru mengamati objek yang dipelajari. Siswa bisa bertanya dan mempraktekkan serta mencatatnya. Berikutnya para siswa dalam kelompoknya mendiskusikan hasil-hasil belajarnya, untuk lebih melengkapi dan memahami materi yang dipelajarinya.

Baca juga:  Daya Beli Melemah, Ekonomi Turun

Dengan demikian pembelajaran di luar kelas lebih efektif, motivasi belajar siswa lebih meningkat, guru mampu menciptakan eksplorasi menjadikan belajar seperti bermain, selain itu pembelajaran di luar kelas adalah pembelajaran konkrit karena siswa dihadapkan pada benda-benda yang nyata, tidak teoritis seperti menghadapi buku pelajaran, mengerjakan aktifitas fisik dan kreatifitas karena menggunakan strategi belajar sambil melakukan pekerjaan. (fbs2/zal)

Guru SMPN 3 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya