alexametrics

Maksimalkan Pembelajaran Matematika Materi Geometri Ruang dengan Block-Cad

Oleh: Mohamad Hardjoko, S. Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA adalah mata pelajaran yang diajarkan dari jenjang pendidikan dasar sampai Pendidikan menengah. Selain mempunyai sifat yang abstrak, pemahaman konsep matematika yang baik sangatlah penting karena untuk memahami konsep yang baru diperlukan prasarat pemahaman konsep sebelumnya. Dalam proses belajar mengajar guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelajaran berikut media yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Sampai saat ini masih banyak ditemui kesulitan siswa ntuk mempelajari dan masih rendahnya hasil belajar matematika.

Pada hakekatnya belajar matematika adalah berpikir dan berbuat atau mengerjakan matematika. Disinilah makna dan strategi pembelajaran matematika yaitu strategi pembelajaran yang aktif, yang ditandai oleh dua faktor : a. Interaksi optimal antara seluruh komponen dalam proses belajar mengajar di antarnya antara komponen utama yaitu guru dan siswa, b. Berfungsinya secara optimal seluruh ‘’sense’’ yang meliputi indera, emosi, karsa, karya, dan nalar. Hal itu dapat berlangsung antara lain jika proses itu melibatkan aspek visual, audio, maupun teks. Tiga Cara Berpikir dalam pembelajaran matematika yaitu : visual thinking, auditori thinking, dan kineastetic thinking (Lesley K Sword, 2005).

Baca juga:  Mix and Match Tingkatkan Pemahaman Konsep Lingkaran

Visual Thinking atau Berpikir Visual adalah proses intelektual intuitif dan ide imajinasi visual, baik dalam pencitraan mental atau melalui gambar (Brasseur, 1991 : 130). Namun Visual Thinking memerlukan lebih banyak dari pada visualisasi atau representasi. John Steiner (1997) menyatakan “ Ini adalah mewakili sensasi pengetahuan dalam bentuk struktur ide, itu adalah aliran ide sebagai gambar, diagram, penjelasan model, lukisan yang diatur ide-ide besar dan penyelesaian sederhana. Visual Thinking dapat didefinisikan sebagai sesuatu pemikiran yang aktif dan proses analitis untuk memahami, menafsirkan dan memproduksi pesan visual, interaksi antara melihat, mem-bayangkan, dan menggambarkan sebagai tujuan dapat digunakan, dan canggih seperti berpikir verbal.

Materi geometri ruang yang diajarkan di SMP termasuk materi sulit, sebab siswa memerlukan visualisasi yang nyata untuk dapat memahami konsep-konsep dasar dalam Geometri. Menurut Zimmerman dan Cunningham (1991) menyatakan : Visualisasi adalah proses pembentukan gambar (mental, atau dengan kertas dan pensil atau dengan bantuan teknologi). Untuk materi geometri, visualisasi materi dapat dilakukan dengan bantuan computer menggunakan Program BLOCK-CAD. Program ini sangatlah mudah digunakan dan sangat membantu dalam pemahaman siswa.

Baca juga:  Mind Mapping Mempermudah Menghafal Rumus Matematika

BLOCK-CAD adalah free-ware berbasis linux yang dapat juga dijalankan pada system operasi windows. Program ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mendapatkan lisensi. Beberapa kelebihan dalam program ini adalah : Pertama, bangun goemetri yang akan disusun membutuhkan pemahaman dasar yang baik tentang titik dan garis. Kedua, setelah paham titik dan garis, selanjutnya adalah membentuk bidang, baru berikutnya membentuk bangun ruang. Ketiga, bangun yang dibuat melalui computer tersebut dapat diputar 3600 seperti pada dunia nyata, dapat di zoom-in dan zoom-out untuk bisa melihat lebih dekat. Sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materinya.

Pembelajaran matematika menggunakan program Block-CAD pada materi Geometri memberi keleluasaan siswa dalam memahami kosep, berkreasi dengan karya mereka sendiri, membauat bangun ruang yang lain sesuai pemahaman mereka. Seperti halnya pembelajaran Matematika di SMPN 3 Gubug Kabupaten Grobogan, penerapan pembelajaran materi Geometri menggunakan bantuan program Block-CAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ulangan ahir semester. (ips2/zal)

Baca juga:  Mudah Pahami Sifat Bangun Ruang dengan Metode Kartu Sortir

Guru SMPN 3 Gubug, Grobogan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya