alexametrics

Belajar Perbandingan Trigonometri dengan Mind Mapping

Oleh : Dra.Ira Ardiarini Kurniawati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang pasti. Matematika juga merupakan salah satu pembelajaran yang berkembang terus mengikuti zaman. Penggunaan matematika selalu diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejak sekolah dasar, matematika telah menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari. Pada tahapan dasar perkembangan siswa masih sulit untuk memahami sesuatu yang dinilai tak nyata atau sulit untuk dibayangkan sehingga banyak siswa yang merasa sulit dan jenuh dalam mempelajari matematika.

Siswa cenderung merasa bosan dan tak dapat mencerna atau memahami dari inti pembelajaran yang akan dipelajari jika dilakukan secara konvensional, seperti metode ceramah dan diskusi. Penggunaan metode atau media pembelajaran adalah salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan dan kesulitan dalam belajar matematika.

Baca juga:  Memahami Sistem Peredaran Darah Manusia melalui Metode NHT

Guru diharapkan dapat mengembangkan inovasi pembelajaran , bisa melalui metode , model ataupun media pembelajaran yang menarik, sehingga siswa tidak jenuh dan merasa kesulitan lagi dalam memahami pembelajaran matematika yang akan diterima. Tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran matematika sangat ditentukan oleh bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa , khususnya siswa kelas X T.Pem 2 SMK N 1 Kedungwuni dalam mempelajari kompetensi dasar perbandingan trigonometri .

Zaif dalam makalahnya menuliskan bahwa menurut Porter & Hernacki (2008:152-159) : Mind Mapping dapat disebut dengan peta pemikiran. Mind Mapping merupakan metode mencatat secara menyeluruh dalam satu halaman. Mind Mapping menggunakan pengingat visual dan sensorik dalam suatu pola dari ide-ide yang berkaitan. Peta pikiran atau Mind Mapping pada dasarnya menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan pada otak.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar IPS Materi Masa Kemerdekaan dengan Model Mind Mapping

Mind Mapping merupakan teknik membuat catatan atau mencatat yang terstuktur , mudah dipahami dan diingat tanpa harus membuang banyak waktu dengan menggunakan warna , garis dan lambang, gambar atau grafik yang sederhana, mendasar, alami, dan akrab bagi otak. Siswa dapat membuat kata- kata, gambar atau warna tersendiri untuk bisa mempelajari Perbandingan Trigonometi. Siswa bisa membuat kreasi secara mandiri dengan berbagai posisi bentuk segitiga siku – siku agar otak bisa mencerna dengan mudah.

Siswa bisa membuat atau merangkai kata – kata untuk bisa memahami Perbandingan Trigonometri, misal sindemi yang artinya sin itu adalah perbandingan antara sisi depan sudut dengan sisi samping sudut pada segitiga siku – siku, cosami yang artinya cos itu adalah perbandingan antara sisi samping sudut dengan sisi miring, tandesa artinya tangen itu adalah perbandingan antara sisi depan sudut dengan sisi samping sudut. Siswa dapat mmmberikan warna pada masing – masing sisi pada segitiga siku – siku, untuk mempermudah mengidentifikasi, sisi yang dimaksud. Cara ini adalah cara yang kreatif dan efektif.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Pengurangan Bilangan dengan Metode Jarimatika

Metode pembelajaran ini menimbulkan hubungan yang harmonis antara guru dan siswa dan menimbulkan keterbukaan dalam berkreasi dan berimajinasi. Metode ini sudah dirasakan manfaatnya oleh siswa kelas X T.Pem 2 SMK 1 Kedungwuni dan berhasil meningkatkan konsentrasi belajar pada kompetensi Perbandingan Trigonometri..selamat mencoba. (ips2/zal)
.

Guru Matematika SMKN 1 Kedungwuni

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya