alexametrics

Kupas Lagu Tingkatkan Kemampuan Menulis Puisi

Oleh : Tumaninah, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Suatu pilihan adalah prinsip seseorang dalam menyukai dan tidak menyukai sebuah hal. Ada beberapa siswa yang sangat menyukai puisi, namun tak jarang ada siswa yang membenci puisi. Membenci bukan kata yang pas untuk siswa, tapi mungkin kata ini cocok tertuju pada siswa yang bilang puisi itu membosankan, kumpulan kata-kata yang berirama, berbelit, dan nggak berterus terang.

Harus diakui minat baca puisi di SMP Negeri 1 Kesesi masih kurang. Padahal semua siswa bisa menikmati puisi, tapi siswa melewatkannya. Satu baris dibaca tidak paham, satu bait dibaca tidak paham juga, akhirnya tidak suka.

Penulisan syair lagu dan puisi sama-sama singkat dalam hal penulisan lirik. Lirik syair lagu dan puisi ditulis dengan singkat karena apabila ditulis dengan panjang akan sukar cara menyanyikannya atau memberikan tekanan pada puisi. Pilihan kata dan rima juga merupakan persamaan dalam penulisan syair lagu dan puisi.

Baca juga:  Video Pembelajaran dan Google Form Tingkatkan Motivasi Belajar

Puisi adalah karangan singkat yang penulisannya terikat oleh aturan. Seperti jumlah kata, jumlah baris, dan rima. Syair lagu juga hampir sama dengan puisi, tetapi syair lagu lebih ke arah prosa, yang tidak terikat aturan baku. Banyak lagu yang bersumber pada lirik-lirik puisi. Tetapi, syair atau lirik lagu biasanya dibuat setelah musik tercipta. Jadi siswa bisa menulis puisi dengan pengalaman mereka pada lagu-lagu yang mereka hafal dan nyanyikan setiap saat. Puisi dan lagu adalah komposisi yang sifatnya mirip.

Menurut Atarsemi (2007:14) menulis merupakan suatu proses kreatif memindahkan gagasan ke dalam lambang- lambang tulisan. Caranya adalah pertama cari inspirasi, siswa diarahkan mecari inspirasi dari pengalaman pribadinya dari syair lagu-lagu yang mereka kenal. Kedua menentukan tema dan kata kunci, setelah menemukan sesuatu untuk puisi, cara membuat puisi yang kedua dengan menentukan tema dalam puisi. Misalnya puisi tentang perasaan seseorang yang sangat dalam. Usahakan untuk lebih spesifik agar pembuatan bait puisi berada dalam jalur yang sesuai dengan tema. Setelah itu siswa bisa mengekplorasi kata kunci apa yang berhubungan dengan tema tersebut. Misalkan keabadian, siswa bisa mengembangkannya dalam sebuah atau beberapa larik puisi. Ketiga gaya bahasa, langkah cara membuat puisi selanjutnya adalah dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik. Salah satunya gaya bahasa yang bisa digunakan adalah majas. Ada berbagai macam majas yang bisa digunakan seperti majas perbandingan, personifikasi, atau majas metafora. Keempat perhatikan diksi dan rima, diksi atau pemilihan kata menjadi kunci dalam cara membuat puisi. Puisi bagus tentunya terdiri dari pemilihan kata yang sederhana namun bermakna. Siswa bisa menggunakan diksi dengan kata yang yang sering digunakan dalam sehari-hari yaitu yang sering didengarkan dari lagu-lagu. Kelima Segeralah menulis, puisi dapat dimulai dari penggalan bait yang terlintas dalam pikiran begitu saja. Cobalah untuk menuliskannya kemudian kembangkan tulisan menjadi larik-larik puisi seperti hal yang telah dijelaskan di atas tadi. Puisi menjadi bait-pait hingga menjadi satu puisi yang utuh dan bermakna.

Baca juga:  Teknik Ukaba Permudah Siswa Menulis Puisi

Ingat hal ini tidak sedang menulis surat ataupun sebuah artikel. Jadi usahakan tulisan puisi ringkas, padat dan indah. Keenam jangan lupa menulis judul, judul selalu terletak di bagian awal dalam sebuah puisi. Beberapa orang sebelum menulis puisi terpaku akan langkah awal menulis judul. Oleh karena itu, jangan terus terpaku dalam pembuatan judul, kamu bisa membuat judul yang menarik saat puisi telah jadi. (bp1/ton)

Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Kesesi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya