alexametrics

Bermain Musik di Dapur

Oleh: Riyantiningsih

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BISAKAH anak usia dini bermain musik? Apalagi bermain di dapur. Cukup membuat penasaran dan pastinya pembaca harus berfikir terlebih dahulu,bagaimana penerapan kegiatan bermain musik di dapur untuk Anak Usia Dini.

Musik adalah sebuah seni berbentuk suara yang disusun secara sengaja dan diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah irama,lagu,keharmonisan da keindahan yang dihasilkan dari alat–alat yang bisa menimbulkan bunyi suara yang berirama. Musik bagi Anak Usia Dini adalah sesuatu yang sangat dekat dan menyenangkan. Anak lebih cepat belajar menguasai suatu konsep dan dengan musik aspek-aspek perkembangan anak usia dini dapat tercapai secara maksimal.

Dengan pengertian tersebut diatas dapat diartikan bahwa semua benda yang bisa menimbulkan suara adalah sebuah alat musik. Lupakan alat–alat musik modern yang sudah dipersiapkan untuk bermain musik kontemporer,mari berfikir dan mencari benda-benda dirumah khususnya di bagian dapur yang bisa dimanfaatkan untuk bermain musik tradisional.

Baca juga:  Bermain Kartu Huruf Memudahkan Anak Bisa Membaca

Sejak pemerintah mengumumkan tentang Pandemi Covid-19 yang berdampak luarbiasa terutama dalam hal pendidikan, maka sejak itu pula seluruh Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berpusat di rumah.Rumah menjadi Pusat Sumber Belajar bagi anak Usia Dini dalam melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Di setiap sudut dan bagian rumah menjadi inspirasi untuk menciptakan sebuah kegiatan menarik sehingga diharapkan anak tidak bosan belajar di rumah, dalam hal ini kreatifitas pendidik dan peran aktif orangtua sangat dibutuhkan.Mengapa bermain musik menjadi pilihan kegiatan BDR karena dengan musik anak dapat menunjukkan seluruh kemampuan yang dimilikinya.Musik bisa menumbuhkan keimanan dengan menyanyi lagu-lagu keagamaan, meningkatkan kemampuan fisik motoriknya melalui kemampuan memukul serta menggerakan seluruh anggota badan, kognitifi pun berkembang karena secara tidak langsung mengenal nama dan fungsi benda dapur, bahasa anak sangat jelas terlihat dalam kemampuan bernyanyi, bahkan sosiall emosional jelas terlihat dari kekompakan dalam bermain musik dan jiwa senipun berkembang sangat baik dengan bermain musik.

Baca juga:  Kenalkan Keaksaraan Awal melalui Bermain dengan Media Gambar

Mari fokus ke bagian dapur sebuah rumah yang didalamnya terdapat banyak benda- benda baik yang tergantung maupun tersusun.Amati dan ambil benda –benda yang menimbulkan bunyi suara beda,kita akan membuat ensamble musik perkusi di dapur / gabungan beberapa alat dapur yang dipadukan. Untuk menjadi sebuah ensamble maka barang barang dapur bisa menggunakan benda –benda dengan nada suara yang beda. Sebagai contoh, siapkan ember plastik/gallon kosong, botol/gelas, 2 sendok/2 garpu, 2 tutup panci, baskom plastik, panci alumunium.Tatalah benda-benda dapur tersebut dan dipukul secara bergantian/sesuai irama yang ditentukan.

Atur sedemikian rupa hingga pukulan yang dihaslkan menjadi berirama dan lebih enak didengar. Lengkapi dengan lagu untuk lebih menghidupkan perpaduan musiknya. Cari lagu anak-anak yang sudah dikuasai, agar konsentrasi anak dalam memukul alat dapur bisa terfokus. Ajak seluruh keluarga untuk bermain bersama dan berbagi tugas dalam memukul benda-benda dapur tersebut agar terdengar lebih harmoni. (bp1/zal)

Baca juga:  Pendidikan Karakter Modal Dasar Pendidikan di Indonesia

Guru TK Islam Alhusna Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya