alexametrics

Google Classroom Mempermudah Pembelajaran Matematika di Era Pandemi

Oleh : Hayuning Tri Budhi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di SMA pelajaran matematika memiliki porsi jam pelajaran per minggunya yang tinggi dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Disebabkan matematika merupakan pelajaran yang sangat memegang peranan, mengingat kegunaannya sebagai pelayan bagi ilmu pengetahuan lainnya juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Di era pandemi ini, kita semua tidak bisa saling bertatap muka padahal kegiatan pembelajaran harus tetap berjalan agar tujuan pembelajaran bisa tercapai. Ada banyak aplikasi yang menawarkan berbagai sistem untuk membantu pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Di sekolah tempat saya mengajar yaitu SMA Negeri 1 Wonotunggal, kami menggunakan aplikasi Google Classroom untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh.

Aplikasi Google Classroom menjadi salah satu sarana untuk belajar dan mengajar. Aplikasi ini bisa meningkatkan produktivitas anak serta pengajar walaupun secara virtual. Pasalnya, pengajar bisa membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan dan melihat semua dalam satu aplikasi. Dengan begitu komunikasi belajar dan mengajar bisa lancar.

Baca juga:  Gairahkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Microsoft Sway

Google Classroom adalah aplikasi belajar dan mengajar. Semua orang yang berusia di atas 13 tahun dan memiliki akun Google dapat langsung menggunakannya. Untuk menggunakannya, download aplikasi Google Classroom untuk laptop di Chrome maupun di Hp, seperti Apple iOS dan Android. Biaya yang dipungut adalah Rp 0 alias gratis.

Cara menggunakan Google Classroom dengan membuat akun terlebih dahulu. Ada tiga pilihan akun yang diberikan, yakni akun sekolah, akun Google pribadi, atau akun G suite (perusahaan). Pertama-tama, kunjungi situs alamat di classroom.google.com. Lalu klik ‘Buka Classroom’. Selanjutnya, masuk Google Classroom dengan Gmail. Kemudian, jika ada pesan datang, klik ‘Terima’. Lalu, jika Anda menggunakan akun G Suite untuk Pendidikan, klik Saya Seorang Siswa atau Saya Seorang Pengajar. Terakhir klik ‘Mulai’. Pengajar di sini dapat membuat kelas. Sedangkan, siswa hanya dapat bergabung ke kelas yang dibuat oleh sang pengajar (Puti Yasmin, 2020).

Baca juga:  Kelas Terbalik, Solusi Saat Pandemi

Fitur-fitur yang ada di Google Classroom sangat membantu saya dalam menyampaikan materi, karena disana kita bisa mengupload video pembelajaran yang kita buat sehingga siswa bisa lebih memahami materi yang disampaikan, dan untuk siswa yang belum paham tentang materi bisa disampaikan di forum kelas sehingga bisa terjadi diskusi yang bisa saling membantu satu dengan yang lainnya.

Di Google Classroom juga ada google form yang bisa digunakan untuk membuat latihan soal sehingga siswa bisa lebih memahami materi dan juga bisa digunakan untuk membuat ulangan harian. Dari google form kita bisa langsung melihat hasilnya yaitu nilai dan jawaban dari siswa. Kita juga bisa menganalisa soal-soal mana yang mudah, sedang dan sukar bagi siswa sehingga bisa jadikan acuan untuk pembuatan soal berikutnya. Fitur-fitur yang ada di Google Classroom mudah dipelajari oleh siswa dan aksesnya juga mudah tidak sering error. (pai1/ton)

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Bangun Datar dengan Mathcard

Guru Matematika SMA N 1 Wonotunggal, Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya