alexametrics

Teropong Karakter Peserta Didik melalui Pembelajaran Daring PPKn

Oleh : Dra. Veronika Sri Sunarsi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir segera, sehingga membuat guru dan peserta didik masih harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis daring. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan skenario belajar dari rumah hingga akhir tahun 2020 (sumber: m.cnnindonesia.com). Hal itu menegaskan bahwa pembelajaran daring masih akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2020.

Guru ditantang untuk dapat mencari metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tak dapat dipungkiri bahwa guru adalah roh dan spirit untuk mencapai tujuan pendidikan. Karena pendidikan tidak hanya sekedar transfer of knowledge tetapi juga transfer of values yakni nilai-nilai moral. Bahwa guru harus mengupayakan cara yang tepat demi menumbuhkembangkan pendidikan karakter. Ini tentu bukan hal yang mudah, mengingat guru tidak bisa mengawasi secara langsung perkembangan karakter anak seperti pada saat pembelajaran tatap muka di sekolah.

Baca juga:  Efektivitas Pembelajaran PPKn secara Daring Terhadap Partisipasi Belajar Peserta Didik

Pembelajaran PPKn secara daring di SMKN 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan pada peserta didik kelas X semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 menggunakan aplikasi Google Classroom. Sejak mengajar pertama kali pada awal tahun pelajaran, guru belum pernah sekalipun ketemu secara tatap muka.

PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peran dan tanggung jawab penting dalam pembinaan dan pengembangan sikap karakter peserta didik. Dengan demikian, guru harus mampu meneropong karakter peserta didik meskipun melalui pembelajaran daring, antara lain seperti sikap ramah, responsif, jujur, disiplin dan bertanggung jawab.

Menilai karakter peserta didik dapat dicermati oleh guru selama proses pembelajaran daring berlangsung. Pertama sikap ramah dan responsive, dapat diteropong pada saat guru menyapa dan menshare info terkait pembelajaran PPKn di WhatsApp Grup (WAG) Kelas. Beberapa kelas tertentu, saat ada info dari guru, sebagian peserta didik dengan cepat merespon/menanggapi secara positif dan langsung mengerjakan tugas. Namun, ada juga sebagian anak yang cenderung jarang sekali merespon segala info yang disampaikan guru di WAG kelas dan bersikap pasif. Dua sikap jujur, dapat diteropong pada saat peserta didik mengerjakan dan menyelesaikan tugas atau ulangan. Untuk sikap jujur ini cenderung sulit untuk diukur. Tak dapat dipungkiri akan maraknya plagiarism yang dilakukan anak-anak, terutama dalam mengerjakan tugas maupun ulangan. Mereka dengan mudah mencari jawaban lewat searching internet. Maka guru hendaklah mengupayakan bisa membuat soal yang berbasis higher order thinking skill (HOTS). Hal ini bisa membuat peserta didik kesulitan untuk mencari kunci jawaban di internet, selain itu juga menantang peserta didik untuk berpikir secara kritis dan kompleks. Tiga, sikap disiplin dan bertanggung jawab, dapat diteropong pada saat awal, selama, dan pada akhir proses pembelajaran daring. Sesaat setelah guru mengupload materi ataupun tugas di GC, maka sebagian anak sudah siap dan langsung memulai dengan mengisi daftar hadir serta mengikuti proses pembelajaran, mengerjakan tugas dan menyerahkan tugas lebih cepat sebelum deadline.

Baca juga:  Tebak Kata dengan KAHOOT!

Namun ada pula sebagian anak yang menyerahkan tugas mendekati waktu deadline, bahkan melebihi deadline hingga terlambat, ada yang terlambat dalam hitungan jam maupun hitungan hari.

Dari berbagai karakter peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut, menjadikan guru harus membuat format penilaian secara tepat dan bijak dengan cara menghadirkan semacam kontrak komitmen di awal pertemuan. Contohnya dalam hal pengumpulan tugas, bila melebihi batas waktu yg ditentukan, maka hanya akan mendapat nilai sesuai batas KKM. Dengan demikian, upaya guru dalam pembinaan sikap karakter peserta didik dapat terkelola lebih baik. (fbs2/lis)

Guru SMKN 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya