alexametrics

PhET Simulation Mempermudah PJJ Rangkaian Arus Searah

Oleh : Tyas Estiningsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARNG.ID, Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada peserta didik jenjang SMA/MA juga harus diajarkan dari rumah selama pandemi Covid-19. Belajar fisika dari rumah diistilahkan pembelajaran jarak jauh fisika (PJJ Fisika). Guru dituntut kreatif dalam memberikan materi PJJ fisika sehingga peserta didik tidak hanya mengerjakan tugas akademik melainkan juga melakukan kegiatan menyenangkan agar keinginan belajar peserta didik tetap tinggi.

Salah satu materi fisika yang dipelajari di kelas XII adalah Rangkaian Arus Searah. Pembelajaran Rangkaian Arus Searah lebih efektif jika menerapkan praktikum untuk mengungkap konsep yang dipelajari. Jika siswa hanya diberikan materi berupa modul (teks) maka siswa akan mudah bosan, tidak tertarik untuk mempelajari, sehingga siswa tidak paham dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Oleh karena itu strategi pembelajaran harus dirancang sebaik mungkin untuk memantapkan pengetahuan konsep siswa yang didapat dari praktikum salah satunya dengan menggunakan media PhET Simulations. Media simulasi PhET akan lebih efektif jika diterapkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Hal tersebut disebabkan simulasi ini mampu membantu peserta didik dalam mengkaji atau menemukan informasi terkait suatu fenomena atau peristiwa fisika melalui suatu ilustrasi yang menarik.

Baca juga:  Tingkatkan Prestasi Belajar Sistem Rem dengan Metode ATI

PhET merupakan ciptaan dari komunitas sains melalui PhET Project di University of Colorado, USA. PhET (Physics Education Technology) merupakan sebuah situs yang menyediakan simulasi pembelajaran fisika yang dapat didownload secara gratis untuk kepentingan pengajaran di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan belajar individu. Simulasi interaktif PhET Colorado merupakan media simulasi interaktif yang menyenangkan dan berbasis penemuan (research based) yang berupa software dan dapat digunakan untuk memperjelas konsep-konsep fisis atau fenomena yang telah dipraktikumkan.

Ada beberapa simulasi dari PhET yang dapat diunduh untuk pembelajaran Rangkaian Arus Searah, yaitu Resistansi Konduktor, Hukum Ohm, Circuit Construction KIT DC, Sirkuit Baterai-Resistor. Simulasi ini dapat diunduh oleh guru maupun siswa sehingga siswa dapat belajar kapanpun dan dimanapun tidak terbatas dengan jadwal pelajaran. Meskipun ada beberapa materi yang sudah diterjemahkan, namun ada juga maetri yang belum diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Tetapi animasi yang ditampilkan sudah cukup membantu siswa dalam memahami konsep yang dipelajari dalam materi Rangkaian Arus Searah.

Baca juga:  Efektifitas Belajar Fisika dengan Media Whatsapps di Masa Pandemi

Misalnya pada simulasi Hukum Ohm. Siswa dapat mencoba sendiri jika tegangan (V) diperbesar dan hambatan (R) diperkecil, apa yang akan terjadi pada kuat arus (I). Kemudian jika V diperbesar, R diperkecil, apa yang akan terjadi pada I, dan seterusnya. Siswa dapat mengubah sendiri besarnya V dan R untuk mengetahui nilai I, sehingga siswa dapat menyimpulkan hubungan antara V, I, dan R, kemudian merumuskannya secara matematis. Penggunaan PhET Simulation selama PJJ dapat menurunkan miskonsepsi peserta didik. PhET Simulation juga dapat meningkatkan kemampuan konsep dan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Pembelajaran jarak jauh fisika dapat lebih menyenangkan bagi peserta didik jika guru memiliki kreativitas dan semangat yang tinggi dalam memahami dan menggali kemampuan peserta didik. Pembelajaran fisika di masa pandemi virus Corona ini dapat terlaksana dengan adanya kerjasama yang baik antara guru, orangtua/ wali dan peserta didik. (ips2.1/ton)

Baca juga:  Penerapan Keterampilan Berbicara pada Siswa dengan Metode Bermain Peran

Guru Fisika SMA Negeri 1 Bawang, Kab. Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya