alexametrics

Enjoy Bermain Bulutangkis dengan Modifikasi Tinggi Net

Oleh : Tri Wardoyo, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARNG.ID, Pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) yang telah dilaksanakan pada kelas VII SMP Negeri 17 Semarang, guru menemukan beberapa masalah dalam materi pembelajaran teknik dasar servis bola pendek bulutangkis. Yakni perkenaan suttlecock dengan raket ketinggiannya belum sesuai dengan standar, teknik memegang raket pada saat untuk mengawali servis belum benar. Sikap atau posisi badan pada saat servis belum benar, serta siswa belum memiliki kenyakinan atau kepercayaan diri dalam melakukan servis bola pendek.

Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menilai perlu adanya suatu bentuk (teknik) modifikasi pembelajaran. Modifikasi yang dipilih yaitu memodifikasi ketinggian net. Teknik dasar servis bola pendek dengan modifikasi ketinggian net dari rendah ke tinggi ini dilakukan untuk memacu motivasi serta dorongan agar siswa lebih terampil dan percaya diri dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani.

Perlu adanya latihan yang berulang-ulang untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan servis bola pendek. Hal tersebut perlu dipikirkan agar menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kemampuan servis bola pendek. Konsep umum dari memodifikasi ketinggian net yaitu dengan menurunkan ketinggian net dari 1,55 m menjadi 1,20 m, kemudian 1,35 m dan kembali pada ketinggian net standar yaitu 1,55 m. Bahkan bila diperlukan dimulai berlajar servis bola pendek tanpa net terlebih dahulu.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Guling Depan dengan Memanfaatkan Jerami Padi di Sawah

Berdasarkan permasalahan dan pemikiran yang dijelaskan di atas, guru untuk mencapai tujuan pembelajaran pada materi teknik dasar servis bola pendek dalam permainan bulutangkis dengan melakukan cara memodifikasi ketinggian net atau jaring dari rendah, ke arah ketinggian yang standar yaitu ketinggian baku 155 cm.

Servis bola pendek secara umum lebih sulit dilakukan karena jenis servis ini arah dan jatuhnya shuttlecock hendaknya sedekat mungkin melayang dekat di atas net sehingga memerlukan keterampilan dan latihan ekstra. Variasi arah dan sasaran servis pendek dapat dilatih secara serius dan sistematis. Cara latihannya dapat dilakukan secara berulang – ulang.Teknik dasar servis bola pendek dibagi menjadi 2 gol besar yaitu teknik dasar servispendek forehand dan teknik dasar bola pendek bachand.

Baca juga:  Audio Visual Senam Lantai Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Dalam praktik pembelajaran di sekolah, servis bola pendek dapat dilakukan apabila adanya pembiasaan yang dilakukan terus menerus. Di pembiasaan tersebut pada praktiknya haruslah di dasari rasa percaya diri dari peserta didik. Untuk itu diperlukan suatu tindakan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dari peserta didik tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan tekik modifikasi ketinggian net.

Metode memodifikasi ketinggian net merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu kepada siswa. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran servis bola pendek dalam permainan bulutangkis tentunya akan linier dengan peningkatan kemampuan siswa. Hal tersebut dikuatkan dengan teori Bompa (2000:2) bahwa latihan merupakan suatu kegiatan olahraga yang sistematis dalam waktu yang panjang, ditingkatkan secara bertahap dan perorangan, bertujuan untuk membentuk manusia yang berfungsi fisiologinya dan psikologinya untuk memenuhi tuntutan tugas.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris melalui WhatsApp Group di Masa Pandemi

Dengan memodifikasi ketinggian net siswa akan lebih percaya diri dalam melakukan pukulan servis bola pendek. Siswa melakukan pembelajaran dengan ketinggian net yang dibawah ketinggian standar permainan bulu tangkis, dari teknik modifikasi ketinggian net tersebut diharapkan siswa kelas VII SMP Negeri 17 Semarang menjadi semakin terbiasa melakukan pukulan servis bola pendek dan meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan pukulan servis bola pendek permainan bulutangkis. Dengan demikian tujuan pembelajaran pada materi teknik dasar servis bola pendek pada permainan bulutangkis dapat tercapai. (ips2.2/lis)

Guru Penjasorkes SMP Negeri 17 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya