alexametrics

Belajar Vertebrata Mudah dengan Media Flipbook

Oleh : Eny Sripurwati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARNG.ID, Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, serta membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran, penyampaian pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi.

Selama ini penyampaian materi hewan Vertebrata di sekolah hanya sebatas penjelasan oleh guru di depan kelas dengan menggunakan metode ceramah saja, namun biasanya juga disertai dengan penggunaan power point dalam pembelajaran untuk membantu mempermudah menjelaskan materi. Selama ini guru belum mengunakan media yang lebih bervariasi untuk menunjang pembelajaran.

Baca juga:  Integrasi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kolaborasi pada Sistem Pencernaan

Dalam pembelajaran materi hewan Vertebrata kelas X di SMAN 1 Godong, salah satu media yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah flipbook. Flipbook merupakan lembaran lembaran kertas menyerupai album atau kalender dengan ukuran 21 x 28 cm yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya. Flipbook merupakan media grafis yang memiliki kelebihan yaitu dapat menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk kata-kata, kalimat, dan gambar, dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa, pembuatannya mudah dan harganya murah, mudah dibawa ke mana-mana, dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran individu maupun kelompok yang berjumlah 4-5 orang.

Flipbook dibuat menggunakan kertas art, berwarna (full color), bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan juga berisi tentang informasi tentang ciri-ciri hewan vertebrata, klasifikasi dan contoh contoh hewannya. Karena flipbook memiliki penampilan yang berwarna (full color) sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk membacanya, selain itu didalam flipbook berisi materi Vertebrata yang telah diringkas dan dilengkapi dengan beberapa contoh spesies pada masing-masing kelas. Sehingga dengan penyampaian materi Vertebrata dengan menggunakan contoh gambar spesies dapat menumbuhkan sikap peduli lingkungan kepada siswa untuk menjaga kelestariannya.

Baca juga:  Cooperative Script Meningkatkan Keaktifan Siswa Mempelajari Nilai-nilai Pancasila

Oleh karena itu, diharapkan dengan dibuatnya flipbook dapat lebih membantu guru untuk mempermudah dalam menjelaskan materi sehingga tercapainya tujuan pembelajaran, dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Karena sebagai media pembelajaran, flipbook memiliki kelebihan, seperti dapat menyajikan pesan pembelajaran secara ringkas dan praktis, dapat digunakan di dalam atau di luar ruangan, bahan pembuatannya relatif murah, mudah dibawa kemana-mana, serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Bahan pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep, dan generalisasi sangat memerlukan bantuan media flipbook agar lebih mudah dipahami siswa. Adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media flipbook menunjukkan penyampaian materi hewan vertebrata dengan menggunakan media ini, pembelajaran lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran. Media flipbook perlu dilengkapi dengan bahasa yang sesuai dengan siswa SMA, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan. (ips2.1/ton)

Baca juga:  Layanan Konseling Individu di Masa Pandemi melalui Google Forms

Guru Biologi SMAN 1 Godong

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya