alexametrics

Belajar Bahasa Inggris Lebih Asyik dengan Musik

Oleh: Karyati, S.Pd., M.M

Artikel Lain

RADARSEMARNG.ID, Jika Anda belum pernah melakukannya, coba saja Anda merasakan perbedaannnya. Apa yang membuat lagu begitu efektif sebagai alat belajar bahasa Inggris? Ada banyak bukti ilmiah yang menyebabkan bahwa musik dapat membantu pembelajaran bahasa skunder, memahami tata bahasa dan kosakata, serta memperbaiki ejaan dan juga, cara baca dan menyusun kalimat.

Mendengarkan lagu juga memungkinkan kita berfokus pada pelafalan dan memahami irama, nada, serta tempo bahasa Inggris. Pola kata dan bunyi dalam lagu biasanya dengan gaya bahasa yang diulang-ulang sehingga mudah melekatdalam fikiran. Anda mungkin tahu bahwa musik mampu masuk dengan mudah ke kepala kita, masuk ke benak kita secara berulang-ulang. Semua itu membantu anda menghafal kosakata dan frasa dengan mudah bahkan setelah beberapa saat hampir tidak mungkin melupakan.

Musik dapat dikatakan sebagai kunci untuk membuka emosi, mempengaruhi suasana hati, juga bisa meningkatkan mental dan fisik karena hati merasa senang dan membuat emosional mudah diingat.
Salah satu alasan yang membuat bahasa asing itu sulit dipelajari adalah, karena orang tidak menyedikakan waktu-waktu ekstra untuk belajar, tapi merupakan suatu ke… ketika mempelajari bahasa Inggris dengan lagu. Anda tidak perlu menyisihkan banyak waktu, karena dengan lagu bisa dibawa ke mana saja.

Baca juga:  Discovery Learning Tingkatkan Prestasi Pembelajaran IPS di Masa Pandemi

Percaya atau tidak, English music bisa membantu kita agar fasih berbicara bahasa Inggris. English music tidak hanya asyik didengarkan tapi juga bisa dapat membantu kamu untuk memahami gaya bicara para native speaker berdasarkan pada kalimat pada lagu yang mereka nyanyikan. Berikut adalah cara belajar bahasa Inggris melalui musik:

Dengarkan dan Perhatikan Lirik. Ketika kamu memperhatikan lirik saat mendengarkan lagu, secara tidak sengaja kemampuan mendengarmu meningkat dengan alami. Selain itu mendengarkan musik sambil memperhatikan lirik membuat menemukan kata-kata baru dan tau cara pengucapannya. Gak mau kan kalau kamu sampai salah mengekspresikan lagu gara-gara gak paham liriknya?

Nyanyikan. Nyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris yang sedang kamu dengarkan, selain menyenangkan, kamu tidak akan merasa seperti sedang belajar. Ketika kamu sering menyanyikannya, maka akan hafal lirik lagu tersebut. Menyanyi tanpa membaca dari lirik? Keren bukan? Dan tentu saja, kamu sudah melatih pronunciationmu secara alami atau tidak langsung.

Baca juga:  Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris dengan Vocabulary Graphic Organizer

Tuliskan lirik. Tantang dirimu dengan menulis kembali apa yang dinyanyikan dalam lagu sekalipun kamu kurang yakin dengan penulisannya. Tulis apapun yang kamu dengar, jangan khawatir akan kesalahan penulisan. Setelah kamu selesai menuliskan apa yang kamu dengar, sekarang baca lirik lagu tersebut, kemudian cocokkan. Nah lihat bagian mana sekiranya yang salah penulisannya, lalu perbaiki.
Dengan begitu, kamu jadi tau dimana kesalahanmu, dan jangan lupa perbaiki yaaa. Sebelum mulai kita pilih lagu yang sesuai dangean materi yang akan diajarkan. Cari lagu yang mengandung bahasa yang umum hingga tidak terlalu sulit untuk ditirukan dan dipahami.

Bisa dimulai dengan lagu/musik pop. Siswa SMP biasanya suka dengan lirik lagu musik yang berbau cinta yang mengisah romantika remaja. Lagu-lagu seperti banyak menggunakan kosakata yang diulang-ulang. Sebagai pendidik di SMP Negeri 15 Semarang, penulis bisa memberikan teks interaktif dan menambahkan kosa kata baru yang mudah dipahami dan diaplikasikan dengan contoh fakta keseharian. (ips2.1/lis)

Baca juga:  Pembelajaran Teks Prosedur melalui Voice Note di Masa Pandemi

Guru SMP Negeri 15 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya