alexametrics

Belajar Bagian-Bagian Bunga dengan Whatsapp Group

Oleh : Khanifatun Nafiah S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SAAT ini dunia sedang mengalami pandemi Covid -19 yang penyebarannya sangat cepat dan sudah menelan banyak korban. Indonesia juga mengalami dampak yang cukup besar terutama dunia pendidikan. Pembelajaran tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Untuk menyiasati ketidakkondusifan ini, metode daring bisa dijadikan cara belajar efektif untuk mengatasinya.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang salah satu poinnya menyatakan bahwa khusus untuk daerah yang sudah terdampak Covid-19 berlaku ketentuan bahwa pemberlakuan pembelajaran secara daring dari rumah bagi siswa.

Baca juga:  SOLE untuk Pembelajaran Cara Perkembangbiakan Tanaman

Salah satu pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yakni dengan pembelajaran daring dengan media whatsapp group. Aplikasi whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, termasuk guru dan siswa. Aplikasi ini merupakan aplikasi media sosial yang cukup terkenal. Tentunya syarat utama adalah baik guru maupun peserta didik, keduanya harus memiliki smartphone dan akun whatsapp agar dapat saling berkolaborasi. Selain itu tentunya harus tersedia paket internet yang mencukupi.
Langkah pertama adalah guru harus membuat grup kelas kemudian menambahkan seluruh peserta didik ke dalam grup tersebut. Jika grup telah dibentuk, selanjutnya komunikasi dalam grup tersebut dapat dilakukan secara terbuka.

Baca juga:  Teknik Rekam dan Edit sebagai Sarana Memproduksi Drama Pertunjukan

Materi bagian-bagian bunga merupakan salah satu materi yang dipelajari di kelas VI SD Negeri Boja 02. Langkah awal pembelajaran daring dengan menggunakan whatsapp group adalah guru meng-upload video materi bagian-bagian bunga sempurna. Siswa menyimak video dengan seksama. Dilanjutkan guru menguatkan materi dengan memberikan ringkasan. Jika dirasa ada yang belum jelas, maka dibukalah forum tanya jawab pada grup. Sedangkan untuk penugasan, siswa diminta menunjukkan interpretasinya terhadap materi pembelajaran dengan menampilkan gambar bagian bagian bunga yang telah mereka buat.
Setelah dievaluasi, pembelajaran daring menggunakan whatsapp group mempunyai kelebihan antara lain siswa lebih rileks, tenang dan bersifat efektif. Siswa tetap memiliki semangat untuk belajar dan tidak merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran daring selama masa pandemic ini. Yang menarik, adanya kegiatan belajar di rumah ini membuat orang tua yang sebelumnya enggan terlibat, kini menjadi lebih antuasias. Namun juga ada kelemahanya antara lain jika banyak tugas yang dikirimkan, maka menyebabkan memori cepat penuh yang mengakibatkan android lambat dalam bekerja. (pai1/ida)

Baca juga:  Pembelajaran Bernyanyi Paduan Suara untuk Proses Perkembangan Sosial

Guru SDN Boja 02 Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya