alexametrics

PJJ PPKn melalui Google Classroom Jauh Lebih Mudah

Oleh : Sri Widati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DENGAN adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), guru dituntut untuk mencari dan memilih metode pembelajaran yang tepat di saat pendemi Covid-19. Salah satu metode yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan google classroom. Google classroom adalah aplikasi belajar mengajar. Untuk menggunakannya, download aplikasi google classroom untuk laptop di chrome maupun handphone. Biaya yang dipungut adalah 0 rupiah atau gratis. Semua orang yang berusia di atas 13 tahun dan memiliki akun google dapat langsung menggunakannya.

Fitur google classroom disiapkan dengan mudah. Pengajar dapat menyiapkan kelas dan mengundang siswa. Dengan google classroom, pengajar dapat menghemat waktu dan kertas. Guru dapat membuat kelas, memberikan materi dalam bentuk power point atau microsoft word, bahkan video, memberikan tugas, berkomunikasi, dan melakukan pengelolaan, semua di satu tempat. Pengajar juga dapat melihat dengan cepat siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, serta bisa langsung memberikan nilai dan masukan real-time. Di sisi lain siswa dapat melihat halaman forum yang berisi materi, halaman tugas serta nilai yang diberikan guru. Selain itu google classroom memungkinkan alur komunikasi antar guru dengan murid atau antar murid dengan murid lebih efektif.

Baca juga:  Lebih Keren Belajar Proklamasi Kemerdekaan dengan Bermain Peran

Dalam pembelajaran jarak jauh untuk mata pelajaran PPKn di tingkat SMA dengan menggunakan google classroom sangat mudah dan cocok, karena hampir semua siswa memiliki handphone android. Di samping itu, siswa dapat mengoperasikan bagaimana cara menggunakan aplikasi google classroom. Ditambah lagi untuk penggunaan kuota internet relatif tidak begitu besar dibanding menggunakan google meet. Di samping itu, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang memiliki karakter berbeda dengan mata pelajaran lain. Walaupun PPKn termasuk kajian ilmu sosial, namun dari sasaran/tujuan akhir pembentukan hasil dari pelajaran ini mengharapkan agar siswa sebagai warga negara memiliki kepribadian yang baik, bisa menjalankan hak dan kewajibannya dengan penuh kesadaran karena wujud cinta atas tanah air dan bangsanya sendiri sehingga tujuan NKRI bisa terwujud. Setiap negara pasti memiliki tujuan. Hanya warga negara yang baiklah yang dapat mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, PPKn memiliki peran yang sangat besar untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang bisa mengemban semua permasalahan negara dan mencapai tujuan negaranya.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Descriptive Text dengan TGT Crossword Puzzle

Dalam pembelajaran PPKn untuk memulai pembelajaran guru memberikan instruksi lewat whatsapp grup kelas, serta memastikan apakah siswa sudah siap melakukan pembelajaran jarak jauh. Setelah itu, siswa membuka google classroom sesuai perintah guru. Siswa membaca, mengamati, menyimak, memahami materi serta mengerjakan tugas yang diberikan guru. Selama pembelajaran guru dan siswa dapat berkomunikasi melalui komentar kelas ataupun komentar pribadi yang terdapat di dalam google classroom. Dan ini sangat memudahkan guru dan siswa dalam berkomunikasi sebagai pengganti tatap muka. Dengan menggunakan metode tersebut sebagai guru sangat terbantu dalam melaksanakan pembelajaran saat pandemi Covid-19. (btj2.1/ida)

Guru PPKn SMAN 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya