alexametrics

Pembelajaran Materi Sistem EFI Lebih Mudah dengan Media EFI Scanner

Oleh : Sugeng, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sistem Electronic Fuel Injection (EFI) merupakan perangkat sistem bahan bakar kendaraan modern, semua mobil keluaran terbaru sudah menggunakan sistem ini. Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Sragi Pekalongan program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, materi sistem EFI sudah dipelajari mulai kelas XI.
Bengkel-bengkel modern sudah menggunakan EFI Scanner sebagai alat bantu memperbaiki kendaraan yang sudah menggunakan sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Oleh karena itu untuk membekali siswa yang akan terjun ke dunia industri maka siswa harus dibekali dengan ilmu dan keterampilan yang memadai sesuai dengan tuntutan industri (bengkel).
Semakin canggih teknologi yang digunakan pada kendaraan, maka semakin rumit mempelajarinya sehingga memerlukan ketelitian dan keakuratan pada saat melakukan perawatan dan perbaikan. Guru dituntut menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan variatif sehingga minat siswa untuk belajar meningkat yang nantinya dapat meningkatkan mutu lulusan.
Salah satu cara penulis untuk mempermudah siswa mempelajari materi sistem Electronic Fuel Injection (EFI) adalah memanfaatkan EFI scanner sebagai media pembelajaran.
Menurut Wina Sanjaya (2006: 173), kriteria yang perlu dipertimbangkan guru dalam memilih media pembelajaran adalah, pertama media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dua, media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dengan materi pembelajaran. Tiga, media yang akan digunakan oleh guru harus sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kondisi siswa. Empat, media yang akan digunakan oleh guru harus memperhatikan efektivitas dan efisiensi. Lima, media yang akan digunakan harus sesuai dengan kemampuan guru dalam mengoperasikannya. Enam, kesesuaian dengan fasilitas. Melihat kriteria-kriteria di atas maka penggunaan EFI Scanner pada pembelajaran sistem Electronic Fuel Injection sangatlah tepat. EFI Scanner ini adalah alat yang memiliki keunikan tersendiri, tidak dimiliki oleh alat lain dalam hal mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sistem EFI. Di samping itu alat ini juga interaktif sehingga siswa bisa berinteraksi dengan kendaraan yang sudah menggunakan sistem EFI melalui EFI Scanner ini.
EFI Scanner merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada kendaraan yang sudah dilengkapi dengan sistem EFI (Electronic Fuel Injection). Sehingga menghasilkan gambaran tentang kondisi kendaraan tersebut dengan cara menghubungkan kendaraan dengan EFI Scanner. Sehingga scanner bisa berkomunikasi dengan perangkat ECU kendaraan tersebut dan informasi tentang kendaraan akan ditampilkan pada layar scanner.
EFI Scanner akan memindai kondisi kendaraan apakah ada kerusakan atau kendaraan dalam kondisi normal. Semua informasi tentang sistem EFI ditampilkan pada layar scanner sehingga kita bisa tahu jenis kerusakannya. Terbaru adalah scanner dengan menggunakan sistem android seperti halnya ponsel android.
Cara menggunakannya juga sama sehingga siswa tidak akan kesulitan untuk mengoperasikannya. Alat ini tidak menggunakan kabel-kabel untuk menghubungkan antara scanner dengan sistem ECU tetapi menggunakan DLC model blutooth sehingga lebih efisien penggunaannya.
Untuk menggunakan EFI Scanner, pasangkan perangkat blutooth pada DLC (Data Link Conector), umumnya DLC terletak pada bagian bawah dashboard dekat pengemudi, lalu hidupkan scanner. Putar kunci kontak ke posisi “ON”, pada layar scanner akan muncul pilihan merk mobil yang di scan, pilih sesuai dengan merk dan tahun kendaraan yang akan di scan. Setelah alat dan kendaraan “ON” maka akan terjadi komunikasi antara EFI Scanner dengan ECU (Engine Control Unit) pada kendaraan. EFI Scanner akan meminta beberapa data agar sesuai dengan kendaraan yang di-scan. Setelah EFI Scanner memindai kondisi kendaraan, data-data kendaraan akan ditampilkan pada layar display EFI Scanner.
Siswa tinggal membaca data yang ditampilkan oleh EFI Scanner dan kerusakan atau ketidaknormalan sistem langsung bisa dibaca di layar scanner. Dengan menggunakan EFI scanner, siswa menjadi lebih mudah mempelajari dan mendeteksi kerusakan sistem Electronic Fuel Injection (EFI) pada kendaraan. (fb2/lis)

Baca juga:  Belajar Asyik Memperbaiki Televisi Menggunakan Media Trainer Televisi

Guru Mapel Produktif TKRO SMK 1 Sragi, Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya