alexametrics

Pembelajaran Materi Histologi Asyik dengan Aplikasi Sway

Oleh: Nur Isdiyati,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Program e-learning merupakan solusi pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Salam. Tidak dapat dipungkiri itu solusi yang harus dijalankan agar pembelajaran tetap berjalan, mesti tidak ada tatap muka antara guru dengan peserta didik. Dengan kondisi tersebut tentunya harus ada solusi agar kualitas pembelajaran terus tetap berjalan. Pembelajaran pada saat kondisi abnormal dapat dilakukan dengan pembelajaran daring yang butuh biaya yang tidak sedikit. Kelas maya merupakan sebuah alternatif fasilitas penyedia pembelajaran online agar pendidik dapat berinteraksi dengan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Pembelajaran daring dipergunakan untuk penyampaian materi pembelajaran, tugas-tugas, latihan-latihan, kuis ataupun soal soal ulangan, dan sistem penilaian. Kelas maya (cyber class) mempunyai peran yang besar untuk mengisi konten pembelajaran yang dapat diakses oleh peserta didik dengan menggunakan handpone yang dimiliki. Kelas maya (pembelajaran daring) dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi. Berbagai aplikasi antara lain: Microsoft Office 365, Quipperschool, ruang guru, Zenius, Rumah Belajar, Google Classroom, Edmodo, Branly ataupun dengan menggunakan Moodle. Di mana setiap aplikasi yang ada memiliki karakteristik sendiri, sehingga guru perlu lebih bijak dalam menerapkan metode pembelajaran yang dipilih.

Baca juga:  Peningkatan Kebugaran Jasmani dengan Bintang Beralih

Kelas maya (virtual class) merupakan lingkungan belajar yang ada dalam konten digital melalui jaringan komputer dan sistem informasi, sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan fasilitasas komputer maupun handphone. Revolusi pembelajaran telah berlangsung saat ini. Sebenarnya kelas maya ini bukan menggantikan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan guru bersama dengan peserta didik. Tetapi saat ini hal tersebut terpaksa harus dilakukan karena penyebaran Covid-19 masih berlangsung secara masif, sehingga pendidik dan peserta didik tidak dapat bertemu dalam kegiatan pembelajaran.

Walau dalam kenyataan yang terjadi di SMK Negeri 1 Salam untuk pembelajaran daring (online) itu sangat banyak butuh biaya yang tidak sedikit. Masalah handphone, kuota dan sinyal masih menjadi kendala pada sebagian siswa. Dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tak juga kunjung reda saat ini terjadi darurat kesehatan, pergerakan virus Covid-19 tanpa batas. Sehingga pergerakan manusia harus dibatasi, kecuali untuk hal-hal yang mendesak. Saat ini terjadi dampak multi dimensional yang sangat kompleks, menyangkut semua esensial kehidupan, semua sektor termasuk juga sektor pendidikan terdampak negatif oleh penyebaran Covid-19. Sampai dengan saat ini peserta didik belum boleh untuk pergi ke sekolah. Saat ini terjadi krisis pandemi, sehingga dibutuhkan sikap saling percaya saling menjaga. Operasi yustisi terus dilakukan, namun penyebaran Covid-19 terus saja bertambah.

Baca juga:  Meningkatkan Keaktifan dan Ketrampilan Bertanya dengan Active Learning Card Sort

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat manusia saling terhubung satu sama lain, seolah dunia menyatu tanpa batas. Dampaknya sangat berpengaruh pada semua aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pada saat seperti ini pembelajaran dapat dilakukan dengan aplikasi sway. Yaitu, aplikasi dari Microsoft Office yang membantu mengumpulkan, memformat, berbagi ide, cerita, dan presetasi di kanvas interaktif berbasis web yang terlihat menarik. Media pembelajaran sway dengan mudah menambahkan gambar, dokumen,video, bagan atau tipe konten lain. Di mana aplikasi ini dapat diakses dengan mudah di Mozilla, Chrome dan Explorer.

Langkah yang dapat dilakukan adalah buka www.sway.com, lalu akan muncul layar baru dengan menyusun teks, gambar,video, dan konten lain dalam format online yang interaktif. Terapkan tata letak dan skema warna yang dibuat desainer atau biarkan sway menyarankan elemen desain yang cocok dengan konten. Cari dan impor konten relevan dari sumber lain. Bagikan sway di web. Dengan sway dapat untuk berbagi laporan, kisah pribadi, dan presentasi yang interaktif.

Baca juga:  Mudah Memahami Aksara Jawa Swara melalui Media Permainan Ular Tangga

Keuntungan dari sway adalah (1)setelah selesai membuat dan disimpan kita tidak perlu takut data akan hilang, aplikasi terkonek dengan internet dan data akan tersimpan. (2) Sway bisa mengambil sumber utama dari berbagai sumber. (3) Tampilan sway bersifat responsif, tampilan sway akan menyesuaikan dengan ukuran layar pengakses. Dengan menggunakan pembelajaran sway diharapkan siswa tidak bosan dalam pembelajaran daring, siswa akan mendapatkan materi dengan pembelajaran daring yang variatif, sehingga membuat siswa akan terus antusias dalam mengikuti pembelajaran selama pandemi. (fbs2/aro)

Guru SMK Negeri 1 Salam, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya