alexametrics

Pembelajaran Jarak Jauh Mapel PPKn Menggunakan Google Classroom

Oleh : Drs. Mulyono Hadi Purwanto

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pademi Covid-19 memaksa jutaan peserta didik harus belajar dari rumah. Tidak dimungkinan untuk pembelajaran dengan cara tatap muka dikarenakan berisiko terjadi penularan penyakit. Maka pembelajaran agar tetap berlangsung antara guru dan peserta didik mengubah kebiasaan mengggunakan perangkat teknologi informasi atau daring.

Pembelajaran jarak jauh memelukan sarana internet yang lebih dikenal dengan pembelajaran e-learning. Adapun pengertian e-learning adalah Suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip didalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).

Adapun artikel ini tidak akan memperbincangkan kelebihan dan kekurangan pembelajaran e-learning atau daring namun bagaimana mengatasi pembelajaran di masa pademi saya sebagai guru mapel PPKn di SMK Negeri 1 berusaha untuk menjaga kelangsungan komunikasi pembelajaran dengan peserta didik kelas XII materi “Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Keewajiban Warga Negara” menggunakan konten google classroom.

Baca juga:  Asyiknya Belajar PPKn dengan Media Picture and Picture

Apa pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara? Dalam kehidupan bernegara baik negara maupun warga negara mempunyai hak dan kewajiban sehingga dalam pelaksanaannya sering terjadi pelanggaran hak maupun pengingkaran kewajiaban yang dilakukan oleh kedua belah pihak baik pemerintah atau warga negara.

Pelanggaran hak warga negara adalah tindakan aparat negara yang melanggar atau tidak memberikan apa yang menjadi hak warga negara. Pengingkaran kewajiban dilakukan warga negara yang mengingkari kewajiban yang ditentukan pemerintah.

Proses pembelajaran menggunakan aplikasi google classroom langkah yang harus dilakukan: pertama guru dan peserta didik harus menginstal terlebih dahulu di playstore diperangkat android, untuk memudahkan kelanjutannya guru maupun peserta didik memiliki akun e-mail dari google yang disebut gmail. Dengan akun gmail ini baik guru maupun peserta didik bisa masuk google classroom selanjutnya membuat kelas, dengan klik menu create class, dalam menu ini guru membuat sesuai kelas yang diampu untuk digunakan berinteraksi dalam proses pembelajaran. Setelah kelas terbentuk kemudian mengundang peserta didik dengan mengirim copy “kode kelas” untuk menjadi anggota kelas. Apabila langkah itu sudah dilalui maka yang perlu dipehatikan ada 3 menu oleh seorang guru yaitu menu stream (forum) untuk menyajikan informasi bekaitan materi pelajaran juga pada menu ini bisa interaksi guru dan peserta didik melalui tulisan. Dua, menu classwork (tugas kelas) dalam menu ini guru dapat memberikan tugas pada peserta didik untuk dikerjakan dirumah, kemudian guru bisa langsung melihat hasil pekerjaan peserta didik. Tiga, menu people (mengundang orang) menu ini untuk mengundang atau melihat siapa yang masuk dalam kelas.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Speaking melalui Metode Story Telling

Dengan aplikasi google classroom ini proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, terutama mapel PPKn materi Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara, di masa pademi Covid-19 dapat membantu guru maupun peserta didik untuk tetap belajar. Walaupun terjadi kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Guru dan peserta didik masih dapat melakukan interaksi dalam proses belajar mengajar menggunakan teknologi informasi, serta memengikuti anjuran pemerintah dalam pelaksanaan protokol kesehatan. (fbs2/lis)

Guru PPKn SMK Negeri 1 Sragi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya