alexametrics

Mudahnya Belajar Keragaman Etnik dan Budaya dengan Media Autoplay

Oleh : Sunarto, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia sangat beragam. Menurut penelitian Badan Pusat Statistik (BPS) yang dilaksanakan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Materi Keragaman Etnik dan Budaya ada di kelas VII semester ganjil pada KD; memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

Selama ini siswa kurang tertarik dalam proses belajar di kelas, dikarenakan model atau media yang digunakan guru kurang menarik. Sehingga siswa malas dalam mengikuti pembelajaran dan pencapaian hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan.

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dengan media yang disajikan berisi gambar-gambar yang berwarna dengan tampilan-tampilan yang menarik serta video di dalamnya dapat menarik dan memotivasi siswa dalam pembelajaran IPS khususnya materi keragaman etnik dan budaya.

Baca juga:  Transparent Ripple Plate Peraga Praktis Interferensi Celah Ganda

Autoplay merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran dengan mengintegrasikan beberapa tipe media seperti gambar, suara, video dan teks yang kemudian dijadikan dalam satu bentuk presentasi. Tujuan pembuatan media autoplay yaitu guna membantu siswa dalam hal memahami materi dengan baik. Selain itu pengembangan media pembelajaran pada materi ini diharapkan dapat mengatasi kesulitan belajar siswa khususnya di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang, agar pembelajaran di kelas lebih menarik dan variatif, sehingga siswa semangat dalam belajar.

Berikut ini proses pembelajaran dengan media autoplay. Guru mulai memperkenalkan keragaman etnik dan budaya melalui media autoplay ini di depan siswa dengan terlebih dahulu guru memberikan soal kepada siswa. Misalnya siswa diminta mengamati gambar, suara, video yang ditampilkan oleh guru melalui media autoplay. Guru akan menampilkan keragaman etnik dan budaya di Indonesia dengan menampilkan rumah adat, pakaian adat, bahasa daerah, tarian dan lagu daerah, senjata tradisional, upacara adat, makanan khas, alat musik daerah, ditampilkan secara runtut. Dengan media autoplay ini siswa mengamati apa yang ditampilkan secara klasikal yang berupa gambar, suara dan video yang menarik. Ketika siswa mengamati media autoplay ini, guru mengajak komunikasi siswa, misal guru memberikan pertanyaan; Apa nama pakaian adat yang kalian lihat ? Coba perhatikan dengan detail dan dengarkan dengan baik (sajian berupa gambar pakaian adat Jawa Tengah, yang wanita berupa kebaya yang laki-laki beskap dan diiringi suara). Setelah itu dilanjutkan beberapa gambar dan video tentang lagu daerah yang ada di Jawa Tengah, dan guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Suwe Ora Jamu, Gundul-Gundul Pacul, Ilir-Ilir, Gambang Suling, bersama-sama. Kemudian guru memperlihatkan macam-macam rumah adat, bahasa daerah, senjata tradisional, upacara adat, makanan khas serta alat musik daerah sambil diselingi tanya jawab. Setelah selesai pembelajaran dengan media autoplay dan pembahasan bersama, siswa melanjutkan mengerjakan soal yang telah diberikan sebelumnya.

Baca juga:  Metode Critical Thinking dalam Pembelajaran Teks Tanggapan Kritis

Pembelajaran dengan media autoplay ini sangat membantu pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ulujami Kabupaten Pemalang, terutama materi Keragaman Etnik dan Budaya dengan baik. Suasana kelas jadi menyenangkan dan proses belajar mengajar berlangsung efektif. (fbs2/ton)

Guru IPS SMP Negeri 1 Ulujami

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya