alexametrics

Menceritakan Gambar Berseri dengan Pertanyaan Terbimbing

Oleh : Sri Mulyani S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BERCERITA merupakan salah satu aspek keterampilan dalam berbahasa. Pembelajaran menceritakan isi gambar berseri merupakan salah satu kompetensi dasar dalam keterampilan bercerita. Untuk merangsang peseta didik dalam memulai menceritakan isi gambar berseri guru dapat mengawalinya dengan memberi pertanyaan-pertanyaan penting yang berhubungan dengan cerita tersebut. Dalam kegiatan menceritakan isi gambar berseri sebagian besar peserta didik merasa kesulitan. Mereka merasa takut, tidak percaya diri, bahkan tidak bisa mengolah kalimat dalam menceritakan gambar berseri.

Kondisi tersebut juga dialami oleh peserta didik di SDN 02 Pantirejo Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan. Mereka mengalami kesulitan ketika disuruh menceritakan gambar berseri. Mereka merasa belum mampu menyusun dan menceritakan gambar berseri dengan struktur yang baik dan benar. Hal ini disebabkan di antaranya peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide, terbatasnya kosakata, terbatasnya pengetahuan dan pengalaman peserta didik. Oleh karena itu, guru harus dapat mencari alternatif lain dalam pembelajaran menceritakan gambar berseri. Salah satu metode yang digunakan dalam menceritakan gambar berseri, dengan menggunakan metode pertanyaan terbimbing.

Baca juga:  Paternalistik Jitu untuk Waskat

Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran menceritakan gambar berseri memang membutuhkan sesuatu metode yang tepat dan efektif sehingga peserta didik merasa senang dan berhasil dalam proses pembelajaran. Melalui metode pertanyaan terbimbing ini diharapkan siswa dapat menceritakan gambar berseri dengan mudah.

Penerapan metode pertanyaan terbimbing dalam proses pembelajaran menceritakan gambar berseri bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peseta didik. Metode pertanyaan terbimbing adalah sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan pertanyaan terbimbing yang dibuat oleh guru dengan tujuan memancing peserta didik untuk bisa menceritakan gambar berseri dengan mudah. Peserta didik akan menceritakan isi cerita gambar berseri dengan mengikuti pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh guru secara runtut dan peserta didik akan terbantu dalam menceritakan isi gambar berseri dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat oleh guru.

Baca juga:  Konsep Edupreneurship di SDN Karanggeneng 01

Adapun langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dengan metode pertanyaan terbimbing dalam pembelajaran menceritakan gambar berseri yaitu, langkah pertama, guru menyampaikan bahwa tujuan pembelajaran adalah peserta didik mampu menceritakan gambar berseri dengan mudah dan runtut. Kedua, guru membagikan beberapa gambar berseri. Ketiga, guru memberikan beberapa pertanyaan terbimbing yang berkaitan dengan gambar untuk merangsang kemapuan peserta didik dalam mengolah kalimat. Keempat, guru mulai membimbing peserta didik dalam menceritakan isi gambar berseri. Kelima, peserta didik secara individu menyusun isi cerita gambar berseri yang dibagikan guru berdasarkan pertanyaan terbimbing yang diberikan oleh guru. Dengan pertanyaan terbimbing dari guru, peserta didik akan lebih mudah dalam mengembangkan ide, mereka sangat terbantu dalam mengolah kalimat. Selanjutnya mereka akan mengembangkan menjadi sebuah paragraf. Keenam, peserta didik memberikan judul pada gambar berseri sesuai dengan isi cerita.

Baca juga:  Pembelajaran Kelompok Tutor Sebaya pada Gerak Parabola

Dengan metode pertanyaan terbimbing ini, kemampuan peserta didik dalam menceritakan isi gambar berseri lebih meningkat. Pembelajaran menceritakan isi gambar berseri akan lebih mudah dan runtut, peserta didik tidak merasa kesulitan lagi dalam mengolah kalimat, menuangkan gagasan atau ide, memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan gambar. Pembelajaran menceritakan isi gambar berseri akan lebih mudah dengan metode pertanyaan terbimbing. (ips2.2/ida)

Guru SDN 02 Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya