alexametrics

Kreativitas Guru PAI Penentu Semangat Belajar Siswa

Oleh : Jumaroh S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SURAT Edaran (SE) Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 menekankan bahwa proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media daring (online). Artinya, proses belajar mengajar bagi peserta didik untuk sementara waktu dilakukan di rumah. Sekalipun demikian, peran guru sebagai pendidik tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada.

Akan timbul masalah dalam pelaksanaan pembelajaran daring, jika kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) rendah. Guru PAI dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. Terlebih peran guru PAI sebagai pendidik sekaligus pembimbing siswa dalam pembelajaran agama Islam. Guru PAI mesti melakukan segala cara agar siswa dapat terlayani dengan baik.

Kreativitas mengajar akan menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem pembelajaran daring. Munandar (2002:24) menekankan, kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan orang lain.

Baca juga:  Pembiasaan Bahasa Santun Bentuk Akhlak Siswa Generasi Z

Hal itu tentu tidak mudah dilakukan. Belum lagi menghadapi keterbatasan media dan kemampuan dalam mengoperasikannya. Keterbatasan media yang dimiliki anak karena faktor ekonomi dari para orang tua siswa, tentu akan semakin mempersulit proses kelangsungan pembelajaran secara daring.

Salah satu contoh sederhana yang dapat dilakukan oleh guru PAI dalam memberikan materi pembelajaran bagi siswa di rumah adalah, agar siswa tertarik adalah dengan membuat video atau men-dwonload video materi pembelajaran yang menarik atau dengan mengirimkan modul kepada siswa melalui grup belajar. Tentu ada banyak contoh lain yang dapat guru lakukan dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI bagi siswa selama belajar di rumah. Sistem pembelajaran juga dapat dilaksanakan melalui perangkat personal computer (PC) atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Guru PAI dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA), telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran.

Baca juga:  Pembiasaan sebagai Basis Penanaman Nilai-Nilai Islam

Dengan demikian, guru PAI dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Guru PAI dapat memberikan tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik. Kreativitas guru PAI dalam memilih media dan metode mengajar pada masa pandemi Covid-19 adalah sangat penting. Memilih dan menetapkan metode pembelajaran sama artinya dengan memilih dan menetapkan tujuan pembelajaran. Untuk itu, kreativitas guru PAI dalam memilih media dan metode pembelajaran daring menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan dalam mengatasi tantangan guru dalam mengajar di masa ini.

Kreativitas mengajar guru PAI yang semakin meningkat diharapkan dapat menjadi solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Ide-ide kreatif diperlukan dalam mengembangkan sistem pembelajaran daring bagi siswa selama belajar di rumah. Untuk itu, sebagai guru PAI diharapkan dapat terus mengembangkan diri dan berupaya untuk terus meningkatkan daya kreativitas dalam mengajar selama pandemi Covid-19 belum berakhir. (pai1/ida)

Baca juga:  Memecahkan Masalah Bentuk Aljabar dengan Kartu Masalah

Guru PAIBP SDN Wonotunggal 04

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya