alexametrics

Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Sujud di Masa Pandemi

Oleh Nur Azizah MK., M. Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan selama masa pandemi telah membuat banyak pihak mengalami persoalan, baik guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Guru dituntut untuk tetap melakukan pembelajaran yang berkualitas. Efektifitas dan efisiensi pembelajaran menjadi syarat mutlak yang tidak bisa diabaikan oleh guru.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru di antaranya adalah pemilihan media yang digunakan, pola komunikasi yang dibangun, serta sarana yang digunakan. Guru harus benar-benar cermat dalam mengelola pembelajaran.

Salah satu yang akan penulis bahas dalam artikel ini adalah pemilihan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh penulis di kelas 8 SMP Negeri 31 Semarang adalah penggunaan video tutorial.

Video tutorial adalah video yang disajikan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran. Wisasmita dan Putra mendefinisikan video tutorial sebagai rangkaian gambar hidup yang digunakan oleh pengajar untuk meningkatkan pemahaman peserta didik (Wirasasmita & Putra, 2018 : 37).

Baca juga:  Metode Jigsaw Learning Prestasi Belajar Siswa Bisa Bersaing

Menurut Utomo dan Ratnawati, video tutorial adalah rangkaian gambar hidup yang menyajikan informasi dari seorang pakar kepada sekelompok orang, sehingga sekelompok orang yang melihat video tersebut dapat menambah pengetahuannya (Utomo & Ratnawati, 2018 : 70).

Video tutorial ini sendiri sering juga dikenal dengan istilah video pembelajaran. Hal tersebut karena video tutorial dirancang khusus untuk menyajikan materi pembelajaran. Langkah-langkah yang penulis lakukan untuk membuat video tutorial adalah sebagai berikut :

Tahap persiapan. Tahap persiapan adalah kegiatan awal sebelum melakukan perekaman video tutorial. Tahap ini penting karena untuk mempersiapkan rancangan video tutorial yang sesuai dengan harapan. Beberapa kegiatan yang penulis lakukan pada tahap ini adalah sebagai berikut: menganalisis tujuan pembelajaran. Menganalisis referensi tentang materi yang akan dibuatkan video tutorial. Merancang materi yang akan dimuat dalam video dalam bentuk catatan sederhana. Mempersiapkan peralatan perekaman (HP dan tripod).

Baca juga:  Mendemonstrasikan Hafalan Ayat Alquran melalui Video Call

Tahap perekaman. Tahap perekaman adalah tahap pengambilan gambar, perekaman suara, dan pemotretan objek yang diperlukan dalam pembuatan video tutorial. Perekaman video tutorial ini dilakukan di dalam musala (indoor shooting) untuk menghindari suara bising. Alat perekam yang digunakan penulis dalam proses produksi video tutorial adalah handphone yang diletakkan di atas mini tripod.
Tahap penyelesaian. Pada tahap ini, penulis mengedit tampilan gambar dalam video, mengedit suara video sehingga lebih jelas dan jernih, dan memperkuat tampilan video tutorial dengan teks dan gambar ilustrasi pendukung. Di samping itu, penulis juga menambahkan bagian pembuka dan penutup berupa gambar, suara, dan teks yang diharapkan dapat memberikan pemahaman pesan-pesan yang dikirim oleh guru kepada peserta didik.

Tahap implementasi. Penggunaan video tutorial sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini penulis lakukan dengan cara membagikannya melalui google classroom.

Video tutorial adalah media pembelajaran yang penulis anggap efektif dan efisien untuk mendukung pembelajaran dalam materi ibadah. Penggunaan video tutorial ini untuk mendampingi siswa dalam belajar selain buku paket BSE dan power point yang dibuat oleh penulis. Beberapa keunggulan video tutorial ini antara lain adalah sangat jelas dalam mendemostrasikan suatu prosedur yang memerlukan gerakan dan bacaan, menarik perhatian siswa karena menggunakan media gambar bergerak, audio, dan teks, serta mendorong guru untuk terus belajar menggunakan media pembelajaran yang inovatif dalam masa pandemi ini.

Baca juga:  Tantangan Guru PAI di Era Pandemi Covid-19

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan video tutorial adalah, guru harus memperhatikan durasi waktu tayang video, pesan yang disampaikan cukup singkat, padat, dan bermakna. Tetap menggunakan sumber lainnya baik buku wajib siswa, buku pendamping lainnya maupun materi yang ditulis oleh guru atau mengambil materi dari sumber lain. (ips2/lis)

Guru Pendidikan Agama Islam SMP N 31 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya