alexametrics

Pemanfaatan Google Form sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : Sri Meiasih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dengan keluarnya kebijakan pemerintah untuk belajar, bekerja dan beribadah di rumah, maka mau tidak mau guru dan siswa harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah. Banyak aplikasi pembelajaran online yang siap digunakan secara gratis oleh guru dan siswa dalam pembelajaran jarak jauh.

Untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan google form, SMA Negeri 1 Ulujami mengadakan kegiatan In House Training (IHT) yang diikuti semua dewan guru. Di SMA Negeri 1 Ulujami hampir 100% siswa sudah mempunyai HP dengan berbasis android jadi tidak menjadi kendala untuk mengadakan pembelajaran jarak jauh. Berikut saya jabarkan cara yang sangat mudah dalam membuat materi dan soal dalam google form.

Pertama login ke email milik Gmail, lalu klik aplikasi google, pilih drive. Kemudian lalu klik drive saya. Setelah itu klik lainnya google formulir, formulir kosong, kemudian masuk ke formulir, lalu menu yang ada didesain untuk membuat sebuah formulir, misalnya untuk mengisi data guru, data siswa, dan lain sebagainya. Jika ingin diubah untuk quiz atau soal klik setelan atau setting. Setelah muncul dialog, pilih quiz lalu simpan. Lalu klik plus (+) untuk menambahkan kolom soal. Tersedia beberapa jenis pertanyaan. Jawaban singkat, paragraf (panjang), pilihan ganda, pilihan boleh lebih dari satu, survei, dan lain-lain.

Baca juga:  MSG Tingkatkan Prestasi di Masa Pandemi

Lalu mulai dari pertanyaan data siswa, Nama, Kelas, dan lain sebagainya. Untuk “Nama” kita pilih jawaban singkat. Lalu klik + (plus) lagi untuk kolom “Kelas” pilih Drop-down. Kemudian untuk memisahkan bagian, antara bagian I data siswa dengan bagian 2 pertanyaan, klik tambah bagian. Kemudian silahkan lanjutkan dengan langkah yang sama untuk membuat pertanyaan pilihan ganda.

Lalu jangan lupa geser tombol “Wajib Diisi”, kecuali jika pertanyaan itu dianggap tidak penting. Lalu untuk skor dan kunci jawaban, klik option yang jadi kunci dan tentukan bobot poinnya. Kemudian lanjutkan sampai selesai dan buat pula soal tipe uraian. Ada baiknya jika ganti tipe soal ganti pula bagian form-nya menjadi bagian selanjutnya. Agar tampilan lebih cantik, silahkan klik TEMA (logo yang ada titik empat), anda bisa menambahkan foto sebagai template dan mengubah warna latar serta fontnya.

Baca juga:  Media MOTUL Solusi di Masa Pandemi

Jika sudah selesai, anda bisa melihat “Pratinjau” sebelum dipublish, klik gambar seperti mata. Jika sudah dianggap sempurna, anda bisa melihat jawaban yang masuk, klik Respon. Dan untuk melihat data selengkapnya, silahkan klik spreadsheet gambar excel. Tunggu sampai muncul spreadsheet (excel) yang dimaksud. Tahapan akhir dalah mendapatkan link yang akan dibagikan, klik “kirim”, setelah muncul dialog klik gambar link yang ada di tengah. Jika linknya ingin diperpendek klik “perpendek link” lalu klik “salin”.

Silakan pindahkan link tersebut, misalnya ke Whatshap atau disalin terlebih dahulu di document (word). Jika ingin link-nya terbaca sesuai keinginan kita, kita bisa minta bantuan mesin perubah link seperti gg.gg, caranya buka tab baru di browser lalu url ketik gg,gg. Simpan link URL yang ingin diubah klik customize lalu tulis di kotak, kata/kalimat yang diinginkan tanpa spasi klik shorten URL tunggu sampai disetujui jika link sudah ada yang pakai maka silahkan ubah sedikit. Demikian langkah-langkah membuat Google Form. Sebagai contoh link yang sudah dibuat untuk ulangan online siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ulujami silakan klik link http://gg.gg/PTS-XI-MIPA-Wajib dan link Daftar Hadir http://gg.gg/DH-PTS-Mat-Wajib-XI-MIPA. (pai2/ton)

Baca juga:  Tiktok Pass The Pen Challenge jadi Media Pembelajaran dan Hiburan

Guru SMA N I Ulujami, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya