alexametrics

Mengembangkan Keterampilan Berpikir Konsep dengan MindMup

Oleh: Rosidah, S.Pd., M.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Era new normal life guru dituntut ubah konsep pembelajaran. Jika dulu guru datang ke kelas, menjelaskan materi yang ada dan tinggal membahas, sekarang guru mengalami perubahan peran yang memerlukan sikap dan upaya baru dalam menjalankan metode pembelajaran.

Guru perlu memiliki keterampilan dalam memilih metode, model, dan strategi yang tepat ketika menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik agar materi yang disampaikan menjadi lebih menarik. Sehingga peserta didik tidak mengalami kejenuhan.

Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk memahami dan menguasai materi pelajaran geografi adalah mind map. Mind map efektif digunakan untuk pengorganisasian informasi dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan penguasaan konsep (Hanifah, 2015). Berbeda dengan catatan konvensional yang ditulis dalam bentuk catatan linier, panjang ke bawah, teknik mind map merupakan teknik mencatat tingkat tinggi yang memanfaatkan keseluruhan otak, yaitu otak kiri dan otak kanan.

Baca juga:  STAD Cocok untuk Belajar Geografi

Belahan otak kiri berfungsi menerapkan fungsi-fungsi logis yaitu bentuk-bentuk belajar yang langkah-langkahnya mengikuti urutan-urutan tertentu sehingga otak menerima informasi secara berurutan. Sedangkan otak kanan cenderung lebih memproses informasi dalam bentuk gambar-gambar, simbol-simbol, dan warna. Selain teknik mencatat dan mind map, teknologi menawarkan cara yang lebih modern dalam pengorganisasisan informasi melalui perangkat lunak kolaboratif atau collaborative software atau groupware.

Selain bersifat paperless, groupware bersifat kolaboratif. Groupware dirancang untuk memenuhi kebutuhan interaksi antara peserta didik dan membantu orang atau peserta didik yang terlibat dalam suatu tugas bersama.

MindMup merupakan groupware yang digunakan untuk mengorganisasikan informasi dalam bentuk mind map dengan teknik kolaboratif secara sinkronous serta berbasis teknologi cloud storage google drive, untuk menyimpan artifak atau hasil kerja kolaboratif. Dengan MindMup peserta didik bergabung bersama, menggabungkan ide dengan teman yang lain tanpa kehilangan pengetahuan pribadi tentang topik.
MindMup sebagai aplikasi peta pikiran (mind mapping) yang terintegrasi dengan google drive serta bersifat realtime kolaboratif yang memungkinkan terjadinya kolaborasi dalam kelompok. Sebagai aplikasi kolaboratif, MindMup memungkinkan para pengguna mengorganisasikan dan memberikan pendapat dalam suatu area kerja dalam suatu topik yang sedang dibahas.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Geografi dengan Model Discovery learning

Selain mengakomodasi kerja kolaboratif, MindMup juga memanfaatkan teknologi cloud storage yang terintegrasi dengan google drive sehingga memungkinkan artefak atau hasil kerja kolaboratif tersimpan secara online sebagai dokumen digital.

Sekarang ini media penyimpanan data digital sudah memasuki era digitalisasi jaman milenial. Perkembangan teknologi menawarkan media penyimpanan data secara online, dengan server virtual, yang dikenal dengan nama Cloud Storage. Teknologi penyimpan digital ini tidak memerlukan lagi perangkat khusus offline, cukup berbekal perangkat atau gadget dengan dilengkapi layanan koneksi internet. Konsep baru ini menawarkan beberapa sisi baik seperti skalabilitas, yaitu peningkatan daya tampung sesuai kebutuhan baik dengan penambahan perangkat atau memilih layanan berbayar; aksesibilitas, yaitu data yang disimpan dapat diakses kapanpun, di manapun asalkan terhubung dengan internet. Dan keamanan yaitu menghindari kehilangan data saat perangkat atau gadget yang dimiliki rusak. Saat ini perkembangan telah sampai pada dukungan teknologi penyimpan digital dalam memenuhi kebutuhan interaksi atau kerja bersama atau kolaborasi dan sampai pada kemampuan melakukan penyimpanan artifak atau hasil kerja kolaboratif. Melalui penggunaan MindMup sebagai media pembelajaran, diharapkan dapat lebih mempermudah peserta didik MAN 1 Semarang Kabupaten Semarang dalam memahami materi pelajaran geografi. Sehingga nantinya mampu meningkatkan hasil belajar dan juga menjadi peserta didik milenial yang cerdas berpengetahuan di jaman digital.

Baca juga:  Peran Geografi Fisik dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Sekolah

Guru Geografi MAN 1 Semarang, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya