alexametrics

Media Anvis Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Oleh : Rustono, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Media sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Media menjadi salah satu aspek pendukung keberhasilan pendidikan. Dengan dukungan media pembelajaran, kemampuan siswa menangkap pesan menjadi lebih mudah. Karena media dapat memperjelas pesan yang disampaikan dalam sebua kegiatan pembelajaran. Daryanto (2012:4) mengatakan bahwa media adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan dalam pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran, pemilihan media harus tepat. Pemilihan media yang tepat, dapat mempengaruhi berapa besar ketercapaian tujuan pembelajaran. Penggunaan media, seperti media audio visual dalam kegiatan pembelajaran dapat membantu menumbuhkan minat awal siswa di dalam kelas. Kemudian mampu menstimulus rasa ingin tahu lebih jauh terhadap materi yang akan disampaikan.

Baca juga:  Peningkatan Minat Belajar Materi Baru Sitar Berbantu Media Google Sketchup

Salah satu media audio visual dalam pembelajaran adalah video Anvis (Animasi Video Subcribe). Videoscribe adalah program aplikasi yang dapat dipergunakan untuk membuat presentasi video, dengan animasi tangan bergerak pada sebuah white board. Animasi tangan ini dapat seirama dengan objek berupa teks atau gambar yang ditampilkan pada layar. Sehingga bila dilihat seperti tangan sipembuat sendiri yang melakukannya.

Keunikan dari videoscribe terletak pada penjelasan suatu topik dengan media gambar dan tulisan. Media tersebut mampu menyajikan pembelajaran dengan didukung konten gambar, grafis, suara dan animasi yang menarik dan dapat disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Media tersebut juga dapat memberikan kenyamanan bagi siswa dalam menikmati pembelajaran sehingga siswa dapat menangkap informasi yang terkandung di dalamnya.

Baca juga:  Bermain Role Playing Membangkitkan Minat Belajar Siswa

Rusman (2017:218) mengungkapkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakeristik kebutuhan siswa dan materi yang hendak disampaikan, akan turut membantu membangkitkan rasa ingin tahu, motivasi, konsentrasi, serta sebagai alat bantu stimulus dalam kegiatan pembelajaran, serta memberikan pengaruh psikologis kepada siswa.

Pembelajaran dengan memanfaatkan media Anvis memberikan hasil yang positif bagi siswa. Hal ini, sebagaimana penulis lakukan di SD Negeri Lebo 01 Warungasem Batang. Berbagai penelitian tindakan kelas dengan memanfaatkan video Anvis yang lain, juga menunjukan hasil pengalaman belajar yang efektif. Keberhasilan ini ditunjukkan dengan adanya perubahan aktifitas siswa di kelas menjadi lebih baik. Siswa menjadi lebih antusias dan tidak bosan. Siswa menjadi aktiv melakukan pengamatan terhadap materi simulasi yang ditayang melalui video Anvis. Di samping itu, mereka juga bertanya untuk menggali informasi atau fakta baru dari tayangan tersebut. Bahkan sebagian siswa bisa mengeluarkan gagasan untuk menyimpulkan materi yang dipelajari. Jadi, media video Anvis menjadikan pembelajaran lebih menarik, meningkatkan minat dan antusias siswa dalam belajar, serta membawa suasana belajar yang menyenangkan. (pai2/ton)

Baca juga:  Demonstrasi dan Eksperimen Tingkatkan Pemahaman Rangkaian Listrik Sederhana

Guru SD Lebo 01 Warungasem Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya