alexametrics

Belajar Asyik di Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Alam Sekitar

Oleh: Umayah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PADA masa Covid-19 sekarang ini, tentu saja banyak kendala yang kita hadapi dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di semua jenjang pendidikan khususnya di SD Negeri 03 Sidorejo. Padahal seharusnya waktu belajar sudah efektif, namun mau tidak mau dengan adanya covid 19 ini, maka siswa harus belajar di rumah, karna tidak diperbolehkan sementara waktu untuk tatap muka. Adanya covid 19 baik anak, orang tua, maupun guru mengalami kesulitan untuk melakukan pembelajaran. Di rumah siswa mengalami kejenuhan, orang tua juga merasa kewalahan dalam mendampingi anaknya belajar di rumah. Guru tidak bisa menyampaikan materi secara maksimal, sehingga nilai/hasil belajar anak tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Agar siswa dapat tetap belajar dan tidak mengalami ketinggalan materi pembelajaran, maka dalam hal ini guru melalui daring ( dalam jaringan ) memberikan penugasan dengan memanfatkan alam sekitar. Pada materi tema 1 Udara Bersih Bagi Kesehatan, sebelumnya guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota maksimal lima orang. Kemudian melalui group WhatsApp guru menyampaikan pada siswa tentang materi yang akan dipelajari, yaitu budidaya ikan di kolam sederhana.

Baca juga:  TPS Tingkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajran Tatap Muka Terbatas

Setiap kelompok diberi penugasan disalah satu rumah anggota kelompok, setiap kelompok menyediakan satu ember berukuran besar, setiap anggota kelompok membawa gelas bekas minuman, busa, kawat, dan ikan serta benih sayuran (kangkung, caisim, dan slada). Kemudian melaksanakan tugas yaitu dengan langkah- langkah sebagai berikut : pertama, melubangi bagian bawah gelas bekas minuman sebanyak tiga lubang (yang bertujuan untuk meresapkan air dari dalam ember ke busa dalam gelas) dengan menggunakan paku atau solder, kedua masukkan potongan busa ke dalam gelas tersebut, kemudian masukkan benih sayuran tadi kedalamnya, lalu bibir gelas di diikat dengan kawat sebagai pengait, selanjutnya gelas tersebut dikaitkan disekeliling bagian dalam bibir ember berukuran besar, lalu ember tersebut diisi air dan ikan sampai kira- kira mencapai setengah dari gelas yang sudah dikaitkan. Semua siswa aktif melakukan kegiatan tersebut dalam pantauan guru memalui video call.

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Siswa Materi Gaya dan Gerak dengan Jigsaw

Kegiatan tersebut dilakukan pada waktu pagi hari sambil berjemur dan berolahraga. sekaligus melakukan kegiatan merawat tanaman dalam kolam sederhana dalam ember tadi. Guru memantau dari video call untuk melihat hasil kerja siswa di kelompok masing- masing untuk mengambil nilai hasil belajar dan kerja siswa.

Pada siswa kelas 5 SD Negeri 03 Sidorejo, dengan memanfaatkan alam sekitar sangat membantu siswa yaitu : 1. Siswa dapat berinovasi membuat kolam sederhana dengan bahan- bahan yang ada di sekitarnya, 2. Siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, 3. Siswa menjadi asyik sehingga tidak merasa jenuh meskipun dalam kondisi pandemi covid 19 ini. 4. Siswa bisa menikmati hasil karya dari penugasan tersebut,yaitu dengan menikmati hasil budidaya ikan dan sayuran, 5. Siswa tetap sehat, alam sekitarpun menjadi indah menyenangkan dengan adanya kegiatan dalam penugasan tersebut. (pai2/zal)

Baca juga:  Belajar Pengindraan Jauh Lebih Asyik dengan Google Maps

Guru SDN 03 Sidorejo Comal Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya