alexametrics

Video Pembelajaran Solusi KBM di Masa Pandemi Covid-19

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Video merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk suatu kesatuan yang dirangkai menjadi alur, dengan pesan-pesan di dalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk (Arsyad, 2004:36 dalam Rusman dkk 2011:218).Video merupakan media audio visual yang menampilkan gerak (Sadiman, 2008:74).

Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pengajaran.

Dalam pengertian yang lebih luas media pembelajaran adalah alat, metode, dan teknik yang dipergunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran di kelas (Oemar Hamalik, 1989:12 dalam Hujair 2010:4).

Pandemi Covid-19 pada 2020 memberikan dampak yang luar biasa hampir pada semua bidang, salah satunya pada bidang pendidikan. Dengan adanya pandemi ini proses pembelajaran berubah. Dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:  Melatih Kepedulian Sosial di Tengah Pandemi dengan Aqiqah dan Kurban

Pembelajaran jarak jauh atau daring ini dimulai 16 Maret 2020. Anak mulai belajar dari rumah masing-masing tanpa perlu pergi ke sekolah. Berbicara pembelajaran jarak jauh atau daring maka pentingnya penguasaan ilmu teknologi bagi seorang guru agar pembelajaran jarak jauh tetap berjalan dengan efektf disaat pandemi seperti ini.
Guru harus melakukan inovasi dalam pembelajaran di antaranya dengan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Semenjak pembelajaran diberlakukan di rumah, sebagian guru melakukan pembelajaran lewat media online seperti Whatsapp, Google Meet, Google Form, dll. KKG PAI Kecamatan Bojong sebagai salah satu wadah organisasi guru pendidikan agama Islam membentuk tim membuat video pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar jarak jauh.

Tim video pembelajaran yang beranggotakan 18 GPAI bertugas membuat video pembelajaran untuk semester 1 tahun 2020/2021 dari kelas 1 – 6. Selain video pembelajaran tim juga memproduksi video pembiasaan Asmaul Husna dan video pembiasaan Risalatul Awal.

Baca juga:  Belajar Daerah dalam Kerangka NKRI melalui Make a Match

Tim dibagi 6 kelompok, tiap kelompok ada 3 GPAI untuk memproduksi video yang berisi materi, gambar dan penjelasan tentang materi per kelas. Berikut adalah cara produksi video yang dilakukan KKG PAI Kecamatan Bojong. Pertama masing-masing anggota tim per kelas membuat ringkasan materi pelajaran yang akan disampaikan.
Kedua ketua tim per kelas bertugas membagi materi selama 1 semester kepada semua anggota. Ketiga penyampaian materi per kelas yang didahulukan adalah bab 1. Keempat pengambilan gambar dilakukan anggota tim dengan smarthpone masing-masing dibantu alat tripod,1 orang mengisi materi, 2 anggota tim membantu segala macam penataan.
Kelima video yang dihasilkan tiap tim kelas masuk ke editing, sekaligus untuk mengatur durasi yang diperlukan. Keenam video yang sudah proses editing kemudian disebar ke semua GPAI kecamatan melalui Whatsapp. Ketujuh GPAI masing-masing sekolah membagi video pembelajaran per kelas ke peserta didik melalui grup WhatsApp.
Kerja keras KKG PAI Kecamatan Bojong dalam memproduksi video pembelajaran PAI dan BP. Alhamdulillah diapresiasi dari Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan, Pengawas PAI, Pengawas Bina dan dari K3S.

Baca juga:  Belajar Dinamika Penduduk dengan Berkunjung ke Pusat Pemerintahan

Sambutan positif juga banyak datang dari orang tua dan peserta didik. Termasuk dari SDN 02 Bukur tempat penulis mengajar PAI dan PB. Ada beberapa hal yang disampaikan.

Peserta didik merasa lebih bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan lewat video. Memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran di masa pandemi. Dapat merangsang minat belajar peserta didik untuk lebih mandiri. Peserta didik dapat minta penjelasan kepada guru lewat WhatsApp.

Cara pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 bisa dikatakan cara belajar yang baru di dunia pendidikan Indonesia. Demikian halnya yang penulis buat yaitu video pembelajaran sebagai usaha dari KKG PAI Kecamatan Bojong agar peserta didik dapat belajar materi-materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti. (bp1/lis)

Guru PAI SDN 02 Bukur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya