alexametrics

Tingkatkan Motivasi Belajar IPA melalui Metode Role Playing

Oleh : Septiana Dwi Endah Sulistyowati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEBAGIAN besar siswa kelas VIII SMPN 1 Bojong masih menganggap mata pelajaran (mapel) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi sistem pencernaan pada manusia sulit dipahami. Meski guru sudah berusaha menggunakan metode diskusi dan alat peraga yang berkaitan dengan sistem pencernaan pada manusia. Tragisnya, sebagian siswa justru merasa bosan dan kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Dampaknya, hasil belajar siswa kurang maksimal.

Karena itulah penulis berupaya menerapkan metode Role Playing/bermain peran untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui metode ini, memungkinkan siswa lebih termotivasi untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antarsiswa maupun interaksi antara siswa dengan guru (Ari samadi:1). Istilah sekarang, ada dan memiliki esensi yang sama dengan pembelajaran aktif PAKEM (pembelajara aktif, efektif, dan menyenangkan). Istilah ini ada dalam peningkatan mutu pendidikan manajemen berbasis sekolah (Agus Sampurno:1).

Baca juga:  Persiapan Proses Pembelajaran dalam Menghadapi New Normal

Inti metode Role Playing adalah cara penguasaan bahan–bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankan sebagai tokoh hidup atau benda mati (Tony w dan Daphne J:16). Kelebihan metode ini, menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk berpartisipasi, memupuk perkembengan intelektual, kreativitas dan keterampilan sosial, mendidik siswa mampu menjelaskan sendiri masalah yang dihadapi, memperkaya pengetahuan dan kemampuan siswa, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajari, menumbuhkan sikap saling pengertian, tenggang rasa, toleransi dan cinta kasih terhadap sesama makhluk hidup, menciptakan suasana diskusi yang hidup dan semangat, dan dapat memupuk keberanian dan percaya diri siswa.

Tujuan pembelajaran Role Playing antara lain, agar siswa dapat menghayati dan menghargai perasaan orang lain (toleransi), dapat belajar dalam mengambil keputusan di tengah situasi kelompok secara spontan, dapat belajar membagi tanggung jawab, dan merangsang siswa berpikir dan memecahkan masalah.

Baca juga:  Belajar IPA Asyik di Masa Pandemi dengan Media Youtube

Langkah–langkah pembelajaran Role Playing, tahap persiapan, guru membagi kelas menjadi 2 kelompok besar yang terdiri atas 15 anak. Masing–masing memiliki peran yang berbeda, seorang dalam kelompok ditunjuk sebagai pembaca skenario mengenai proses pencernaan pada manusia. Sedangkan lainnya berperan sebagai makanan dan minuman, mulut, gigi seri, gigi taring, gigi geraham, lidah, kerongkongan, lambung, enzim lambung (pepsin, renin, Hcl), usus halus (usus 12 jari, usus kosong, dan usus penyerapan), hati, pankreas, enzim pankreas (amilase, lipase, tripsin), usus besar, bakteri E.coli, rektum dan anus. Pada tahap ini, guru memberikan gambaran mengenai jalannya proses pencernaan makanan pada manusia, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, khususnya pada siswa yang terlibat dalam pemeran simulasi. Tahap pelaksanaan, simulasi mulai dimainkan oleh kelompok pemeran. Siswa lainnya mengikuti dengan penuh perhatian, guru membantu siswa yang bermain peran apabila ada kesulitan. Tahap penutup, dilakukan diskusi baik tentang jalannya simulasi maupun materi cerita yang disimulasikan. Guru memberikan dorongan, kritikan, dan tanggapan terhadap proses pelaksanaan simulasi dan merumuskan kesimpulan.

Baca juga:  Model Enveronmental Learning Tingkatkan Hasil Belajar IPA

Dengan bermain peran tersebut memotivasi belajar siswa SMPN 1 Bojong menjadi meningkat, siswa menjadi lebih antusias, aktif dan merasa senang dalam proses pembelajaran. Hal ini berimbas pada peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan meningkatnya nilai pada saat penilaian harian siswa khususnya materi sistem pencernaan pada manusia. (bp2/ida)

Guru SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya