alexametrics

Mengenalkan Peran Tokoh melalui Game Tebak Tokoh

Oleh: Miftakur Rindlo, S.Ag., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Penyebaran Covid-19 memberikan dampak yang sangat luas bagi kehidupan manusia. Tak terkecuali dunia pendidikan. Di sekolah, pembelajaran yang sebelumnya diselenggarakan secara tatap muka, kini belum bisa dilakukan karena dinilai masih terlalu berisiko. Sehingga pemerintah lebih mengutamakan keselamatan anak, dengan menyelenggarakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kebijakan tersebut dinilai sangat tepat, karena kegiatan pendidikan masih tetap berjalan sehingga anak masih tetap dapat belajar. Akan tetapi, karena masa pandemi ini terlalu lama, maka pola belajar jarak jauh menjadi kegiatan yang menjenuhkan bagi anak. Apalagi ketika anak hanya disuruh membaca materi dan mengerjakan soal latihan. Oleh karena itu, harus ada pemikiran inovatif dari guru dalam menyampaikan rasa jenuh tersebut.

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang menjenuhkan. Baik itu ketika diajarkan secara tatap muka, terlebih di masa pendemi ini. Guru yang tidak kreatif dalam menyampaikan materi IPS, siswa akan cenderung bosan dan tidak tertarik untuk mempelajarinya.

Baca juga:  Microsoft Teams Penunjang Pembelajaran Matematika Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19

Di kelas 6 MIN 2 Jepara, KD 3.4 “memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera” guru dapat mengajarkan materi tersebut dengan “Game Tebak Tokoh”.

Game tersebut adalah game sederhana yang dapat dibuat sendiri melalui Microsoft PowerPoint. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: pertama, download gambar-gambar tokoh yang sesuai dengan materi. Tentunya tokoh yang paling sesuai dengan materi tersebut adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Mr. Ahmad Soebarjo, Sayuti Melik, Soekarni, B.M. Diah, dan Fatmawati.

Kedua, potonglah (crop) gambar-gambar tersebut menjadi 3-4 bagian dengan potongan gambar yang ukurannya paling kecil hingga potongan gambar yang ukurannya paling besar. Ketiga, bukalah Microsoft PowerPoint dengan lembar kerja baru. Keempat, copy potongan gambar tokoh yang ukurannya paling kecil ke slide Microsoft PowerPoint dan tambahkan animasi yang menarik pada potongan gambar tersebut.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narative Bahasa Inggris

Kelima, buatlah kotak -dengan memanfaatkan menu shapes- dan letakkan kotak itu disebelah kanan potongan gambar. Tuliskan deskripsi yang terkait dengan peran tokoh pada kotak tersebut. Agar kotak tersebut lebih menarik maka perlu diberikan sentuhan animasi. Keenam, aturlah agar potongan gambar tokoh yang pertama dan kotak pertama keluar secara bersamaan.

Ketujuh, copy bagian kedua, ketiga, dan seterusnya, hingga bagian yang paling akhir adalah gambar tokoh secara utuh. Masing-masing bagian gambar tokoh dan kotak dibuat dengan ketentuan sebagaimana langkah-langkah yang telah dijelaskan. Setelah satu tokoh selesai dibuat, siswa diberi kesempatan untuk menebak tokoh, jawabannya ada di slide berikutnya. Dengan demikian siswa dapat mencocokkan apakah jawabannya tepat atau tidak.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kimia Asyik dengan Jamboard

Pembuatan game berlanjut hingga tokoh-tokoh yang ada di materi pembelajaran telah dibuat game. Oleh karena itu, dalam pembuatan game ini diperlukan kesabaran dan ketelitian.
Dengan adanya kreatifitas guru dalam membuat game pembelajaran, diharapkan dapat mengurangi rasa jenuh siswa ketika belajar di masa pandemi. Semoga masa sulit ini dapat memotivasi guru agar lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. (kb3/lis)

Guru MIN 2 Jepara

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya