alexametrics

Implikasi Edmodo untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh: Badrut Tamam, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMAKIN berkembangnya teknologi informasi yang didukung dengan kehadiran internet memiliki berbagai dampak positif, diantaranya berupa lebih dimudahkannya proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik. Berbagai macam website, aplikasi, dan bahkan media sosial dibuat untuk tujuan ini. Salah satunya adalah Edmodo, sebuah jaringan sosial yang terbukti sangat membantu jutaan pendidik dan peserta didik dalam melakukan proses belajar mengajar dengan sistem jarak jauh secara online.

Edmodo pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh Nicolas Borg dan Jeff O’hara. Jenna Zwang (2010) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: A Free, Secure Social Networking Site for School menyatakan bahwa Edomodo adalah sebuah situs pendidikan berbasis jaringan sosial yang di dalamnya terdapat berbagai konten untuk pendidikan. Menurut Pitoy (2012), Edmodo merupakan sebuah platform jaringan sosial bagi pendidik dan peserta didik untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan, dan penugasan.

Baca juga:  Meningkatkan Sikap Ilmiah dengan Pendekatan Salingtemas

Penggunaan Edmodo adalah mudah dan gratis selama dapat terhubung dengan internet. Pendidik hanya perlu mendaftar sebagai pendidik dan mewujudkan sebuah kelas yang dikhaskan untuk peserta didik untuk memudahkan komunikasi secara maya. Kemudian peserta didik akan mendaftar sebagai peserta didik dan memasuki kelas yang telah dikhaskan dengan mendaftarkan kode kelas yang telah diberikan.

Edmodo, seperti alat bantu belajar lainnya, bisa menjadi sebuah platform online untuk mendorong pendidik mengadakan pembelajaran jarak jauh, atau dapat menjadi cara yang lebih kreatif untuk melibatkan para peserta didik dalam pembelajaran kolaboratif. Edmodo bukanlah jawaban untuk setiap kelas tetapi platform ini memberikan aspek penting dari sebuah lingkungan belajar yang positif pada pembelajaran jarak jauh. Platform ini memberikan peserta didik jalur untuk berinteraksi dengan teman-teman dan pendidik dalam suasana akademis yang berjauhan. Di samping itu, penggunaan platform ini dapat mengajarkan peserta didik untuk bagaimana berperilaku secara online dan bertanggung jawab dalam mengatur kegiatan belajar dengan sistem keamanan yang terjamin dan dapat melatih kemandirian peserta didik.

Baca juga:  GS Tingkatkan Antusias Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Ada beberapa kelebihan Edmodo dibandingkan dengan media sosial maupun LMS lainnya yaitu : Mirip facebook, mudah digunakan. Hanya yang memiliki kode kelas yang dapat mengikuti kelas. Gratis, diakses online, dan tersedia untuk perangkat smartphone (android dan iphone). Tidak memerlukan server di sekolah. Dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dapat digunakan peserta didik, pendidik, dan orang tua. Terdapat notifikasi. Fitur Badge dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi peserta didik. Mendukung preview berbagai jenis format file. Dapat membuat kelas virtual secara aman dan nyaman, dikarenakan : Peserta didik bisa berinteraksi dalam pantauan pendidik (bebas cyber crime dan cyber bullying). Pendidik bisa mengunci peserta didik, dengan demikian ia hanya bisa membaca dan tidak bisa berkomentar pada seisi kelas namun ia tetap bisa berkomunikasi langsung dengan pendidik. Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat oleh seorang pendidik tanpa mendapat kode khusus dari pendidik yang bersangkutan. Peserta didik bisa kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan atau bila perlu dapat mengunduhnya.

Baca juga:  Story Prompts Tingkatkan Kemampuan Mendongeng Siswa

Pembelajaran berasaskan laman web seperti Edmodo ini amat baik serta berkesan terhadap peserta didik khususnya kelas 6B SDN Wonosari 02. Mereka mampu membina pengetahuan baru dan bermanfaat untuk diri sendiri. Terbukti peserta didik sangat tertarik bahkan menyukai pembelajaran jarak jauh lewat platform ini, dan ketika peserta didik merasa senang keinginan untuk dapat mengatasi materi baru dan sulit akan meningkat. (ips2/zal)

Guru SDN Wonosari 02 Ngaliyan Kota Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya