alexametrics

PJOK Mengasyikkan dengan Pembelajaran Berbasis Permainan

Oleh : Momplok S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATA pelajaran (mapel) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) notabene-nya pelajaran sangat disukai oleh peserta didik baik dari tingkat SD sampai SMA. Bahkan, kehadirannya sangat dinanti oleh peserta didik. Namun di masa pandemi Covid-19 ini, pembelajaran dilakukan secara daring atau proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah secara online. Ini rasanya sangatlah sulit bagi pelajaran PJOK untuk melaksanakan proses pembelajaran secara maksimal. Pasalnya, pembelajaran PJOK umumnya dilaksanakan secara berkelompok di luar ruangan dengan instruktur secara langsung. Kondisi seperti sekarang ini menjadi tantangan bagi semua guru, tak luput guru PJOK.

Tujuan pembelajaran adalah tercapainya proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Demikian halnya dengan proses pembelajaran PJOK yang dilaksanakan di SDN 02 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Mengingat kondisi pandemi, guru harus pintar mensiasati memilih metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakter siswa serta disesuaikan dengan kondisi negara yang sedang terkena wabah Covid–19.

Baca juga:  Belajar Mengenal Peta dan Komponennya melalui Metode Snowball Drilling

Pola pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah menjadi tantangan tersendiri bagi guru PJOK dimana aktivitas pembelajaran hampir dominan dilaksanakan melalui aktivitas fisik dan dilaksanakan di alam terbuka atau di luar ruangan dengan bimbingan secara langsung. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan pembelajaran menjadi sangat menyenangkan bagi peserta didik. Dengan adanya wabah Covid-19 ini dimana pembelajaran sepenuhnya dilaksanakan dari rumah merupakan tantangan bagi guru-guru untuk mengembangkan kreativitasnya dalam meningkatkan proses belajar mengajar. Meskipun proses belajar mengajar dilaksanakan dari rumah akan tetapi tujuan pembelajaran tercapai.

Demikian halnya proses pembelajaran mata pelajaran PJOK yang dilakukan di SDN 02 Wonokerto Kabupaten Pekalongan khususnya dalam materi keterampilan gerak yang merupakan rangkaian aktivitas olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik. Di kurikulum Covid-19, inipun materi aktivitas ritmik ini tidak berubah secara signifikan dari indikator pencapaian kompetensi atau IPK yang sudah ditetapkan di perangkat pembelajaran. Hanya yang berbeda pada desain dan strategi pembelajaran yang akan diterapkan berdasarkan panduan pembelajaran Covid–19.

Baca juga:  Kenalkan Permainan Tapak Gunung melalui Video Pembelajaran PJOK

Strategi pembelajaran yang dilaksanakan SDN 02 Wonokerto dengan menitikberatkan pada penguatan literasi misalnya dengan mengamati dan mengikuti gerakan–gerakan senam yang lagi viral di lingkungan peserta didik, misalnya dengan mengikuti gerakan–gerakan senam lewat aplikasi. Misalnya gerakan senam melalui aplikasi tertentu, gerakannya dapat diikuti oleh peserta didik melalui aplikasi yang sedang diminati atau yang lainnya ini sangat beragam sekali di antaranya adalah senam tik tok.

Upaya pembelajaran senam melalui aplikasi media sosial ini merupakan solusi tepat untuk meningkatkan kreativitas peserta didik, khususnya dalam pembelajaran materi keterampilan gerak yang dilaksanakan dengan pembelajaran berbasis permainan menggunakan aplikasi sosial media. Dengan begitu, meskipun pembelajaran dilaksanakan dari rumah, tujuan pembelajaran dapat tercapai dan proses pembelajarannya berjalan dengan panduan guru dan menyenangkan tentunya. (fbs2/ida)

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Imunisasi Siswa Kelas Rendah dengan Metode Bercerita

Guru PJOK SDN 02 Wonokerto, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya