alexametrics

Metode STAD Tingkatkan Belajar Analisis Novel

Oleh : Nurul Azizah S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MASIH ingat novel ayat–ayat cinta karya Habiburahman el Shirazy, novel tersebut termasuk novel yang mencambuk dunia pernovelan menjadi booming kemudian muncul karya–karya lain seperti Edensor, sang pemimpi, laskar pelangi dan sebagainya. Namun para siswa sering mengalami kesulitan dalam menganalisa sebuah novel. Padahal novel salah satu materi pembelajaran penting yang sering keluar dalam soal Ujian Nasional (UN).

Untuk mengajarkan materi analisis novel menjadi menarik, efektif dan menyenangkan, penulis menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD). Model pembelajaran STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Menurut Nur Citra Utomo dan C Novi Primiani (2009: 9), STAD didesain untuk memotivasi siswa-siswa supaya kembali bersemangat dan saling menolong untuk mengembangkan keterampilan yang diajarkan oleh guru.

Menurut Slavin (dalam Rusman, 2012:214), mengemukakan bahwa model pembelajaran STAD merupakan variasi pembelajaran kooperatif yang memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang diajarkan oleh guru. Berdasarkan beberapa pendapat ahli di atas, disimpulkan pengertian model pembelajaran STAD adalah model pembelajaran yang sangat melibatkan siswa untuk belajar dalam kelompok-kelompok yang heterogen (tingkat prestasi, jenis kelamin, budaya, dan suku) yang terdiri dari 4-5 siswa. Kegiatan pembelajarannya diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok.

Baca juga:  Berpidato Semakin Memukau dengan Teknik Pemodelan

Materi yang menjadi pembelajaran kelas XII menerangkan bahwa novel adalah suatu bentuk karya sastra yang berbentuk prosa yang mempunyai unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik. Atau definisi novel adalah suatu bentuk dari sebuah karya sastra. Novel merupakan kisah atau cerita fiksi dalam bentuk tulisan/kata-kata dan memiliki unsur intrinsik dan juga unsur ekstrinsik. Sebuah novel biasanya mengisahkan/menceritakan tentang kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan lingkungan dan juga sesamanya.

Langkah-langkah pembelajaran STAD dalam materi Analisis Novel, pertama, guru menyampaikan tujuan dan motivasi. Menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran tersebut dan memotivasi siswa untuk belajar. Kedua, pembagian kelompok. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompoknya terdiri atas 4-5 siswa yang memprioritaskan heterogenitas kelas dalam prestasi akademik, jenis kelamin, ras, atau etnik. Ketiga, presentasi dari guru. Guru menyampaikan materi novel di antaranya pengertian, unsur intrinsik dan ekstrinsik, struktur novel dan memberikan contoh–contoh novel dengan terlebih dahulu menjelaskan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pertemuan tersebut serta pentingnya pokok bahasan tersebut dipelajari. Keempat, kegiatan belajar dalam tim (kerja tim). Siswa bekerja dalam kelompok yang telah dibentuk. Kerja tim merupakan ciri terpenting dari STAD. Kelima, kuis (evaluasi). Guru mengevaluasi hasil belajar melalui pemberian kuis (evaluasi) tentang materi yang dipelajari dan melakukan penilaian terhadap presentasi hasil kerja masing-masing kelompok. Terakhir, penghargaan prestasi atas keberhasilan kelompok.

Baca juga:  Tingkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan Quantum Teaching

Tidak bisa dipungkiri, metode ini memiliki kelemahan. Konstribusi dari siswa berprestasi rendah menjadi kurang, serta siswa berprestasi tinggi akan mengarah pada kekecewaan karena peran anggota yang pandai lebih dominan. Tetapi manfaat model pembelajaran ini sangat banyak, di antaranya meningkatkan kecakapan individu, kecakapan kelompok, komitmen, dan menghilangkan prasangka buruk terhadap teman sebaya. Tidak bersifat kompetitif dan tidak memiliki rasa dendam. Point utama adalah manfaat tidak bersifat kompetitif, ini yang menjadikan semua bisa paham secara maksimal. (fbs2/ida)

Guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Kesesi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya