alexametrics

Bela Negara di Tengah Covid-19

Oleh: Endang Wahyuningsih,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SUDAH lebih dari enam bulan virus corona atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19 masuk ke Indonesia. Covid-19 adalah penyakit yang menyerang sistem pernafasan dan menyebabkan infeksi saluran pernafasan, pneumonia berat, hingga kematian. Sampai saat ini vaksin untuk virus corona belum ditemukan sehingga membuat banyak negara di dunia melakukan kebijakan lockdown. Pemerintah Indonesia sendiri melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan angka kenaikan pasien positif Covid-19 di Indonesia. PSBB adalah pembatasan kegiatan tertemru penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Covid-19 sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19. PSBB diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.
Hal ini tentu saja merubah tata cara kehidupan masyarakat secara drastis terutama pada bidang pendidikan. Dengan diberlakukannya pembatasan sosial berskala besar, seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan dengan sistem dari rumah atau school from home. Beberapa minggu setelah penyebaran virus corona pertama kali diumumkan, sekolah sudah mulai diliburkan dan pembelajaran dilakukan secara daring. Termasuk di SMP Negeri 2 Salatiga.

Baca juga:  Bermain Sains Bisa Menumbuhkan Imajinasi Anak TK

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan arahan tentang belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh melalui surat edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Berikut sejumlah poin arahannya: Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan. Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19. Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk memertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.

Seperti dilansir dari Buku Panduan Pembelajaran Jarak Jauh: Bagi Guru Selama Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan Semangat Merdeka Belajar, terdapat dua prinsip pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi yakni: Tidak Membahayakan.

Baca juga:  Motivasi Kepala Sekolah Bentuk Karakter di Sekolah Dasar

Guru hendaknya memiliki ekspektasi yang realistis mengenai apa yang dapat dicapai dengan pembelajaran jarak jauh, dan menggunakan penilaian profesional untuk menilai konsekuensi dari rencana pembelajaran tersebut. Meskipun kegiatan pembelajaran dilakukan dari rumah, pendidikan bela negara tidak boleh luput dari materi pembelajaran bagi siswa. Pendidikan bela negara bertujuan untuk membela negara yang didorong oleh rasa cinta terhadap tanah air. Para pejuang rela berkorban dan pantang menyerah dalam membela negara.

Bela negara diatur dalam Pasal 27 ayat (3) yang berbunyi “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya Pembelaan Negara.” dan Pasal 23 ayat (1) yang berbunyi, “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.” Sikap patriotisme dan bela negara biasanya diajarkan kepada siswa di sekolah. Namun, dimasa pandemi Covid-19 seperti ini sikap patriotisme dan bela negara oleh siswa tetap dapat diwujudkan meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah. Disiplin waktu dalam menghadiri kelas online merupakan salah satu contoh sikap patriotisme yang dapat diamalkan oleh siswa. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum memulai pembelajaran via meeting daring juga bisa dilakukan untuk memupuk rasa nasionalis dan cinta tanah air siswa.

Baca juga:  Tingkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik dengan Bermain Peran

Peran siswa dalam upaya bela negara melalui pembelajaran jarak jauh sangatlah dibutuhkan. Tanpa adanya partisipasi dari siswa, kegiatan bela negara tidak dapat dilakukan. Disisi lain, peran guru juga diperlukan untuk menunjang upaya bela negara melalui pembelajaran daring. Guru berperan dalam membangun motivasi dan semangat pelajar dalam upaya bela negara. Dengan adanya usaha bela negara, siswa diharapkan memiliki sikap cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dan memiliki semangat juang untuk mewujudkan cita-cita bangsa. (fbs2/zal)

Guru SMPN 2 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya