alexametrics

Layanan BK Berbasis Video Animasi Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SELAIN layanan individual dan kelompok, guru bimbingan konseling (BK) di SMPN 1 Siwalan melaksanakan tugas bimbingan yang terjadwal adalah layanan klasikal. Menurut Supriyo M.Pd (2012) layanan klasikal sebagai satu komponen dalam program bimbingan dan konseling yang membekali peserta didik dengan pengetahuan tentang data dan fakta di bidang pendidikan di sekolah, bidang pekerjaan, bidang perkembangan sosial dan pribadi, agar peserta didik dalam belajar lingkungan hidupnya lebih mampu mengatur dan merencanakan kehidupannya sendiri. Layanan bimbingan klasikal diberikan di kelas dengan materi yang dipersiapkan melalui RPL Bimbingan dan Konseling serta memperhatikan aktivitas agar terjadi interaksi yang antara guru BK dengan peserta didik dan proses belajar antarkonseli. Tujuan bimbingan klasikal menurut Sugandi (2008:207) adalah membantu siswa agar dapat memenuhi tugas-tugas perkembangan yang meliputi aspek pribadi, sosial, belajar dan karir.

Menurut Gazda (Romlah, 2006), teknik bimbingan kelompok yang dapat digunakan dalam layanan bimbingan klasikal adalah metode ekspositori. Metode ekspositori yaitu cara melaksanakan layanan dalam bimbingan klasikal maupun bimbingan kelompok, dengan menyampaikan informasi atau penjelasan kepada sekelompok konseli. Penyampaian informasi dapat diberikan secara lisan maupun dalam bentuk tertulis. Ekspositori secara lisan biasa disebut dengan metode ceramah. Tujuan bimbingan yang dapat dicapai melalui ceramah lebih mengarah pada aspek kognitif daripada afektif maupun motorik.

Baca juga:  Kupas Lagu Tingkatkan Kemampuan Menulis Puisi

Metode ceramah mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya antara lain 1) lebih efisien dibanding teknik lain baik ditinjau dari sisi waktu, fasilitas maupun biaya, 2) dalam waktu bersamaan dapat melayani sejumlah besar konseli, 3) mudah dilaksanakan dibanding dengan teknik lain. Sedangkan kelemahan teknik ceramah, antara lain, 1) konselor sering monolog, 2) alur komunikasi lebih pada satu arah, sehingga membosankan dan tidak menarik, 3) menuntut konselor memiliki keterampilan yang lebih dalam berkomunikasi agar dapat menarik. Agar lebih menarik, teknik ceramah dapat divariasi dengan teknik lain, misalnya penayangan video animasi, untuk menghindari kejenuhan atau kebosanan.

Video animasi adalah sebuah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud adalah gambar manusia, tulisan teks, gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung dan lainnya. Manfaat video animasi bagi pendidikan di antaranya dapat menyampaikan secara visual baik dalam bentuk gambar atau animasi sebuah zat objek yang sangat kecil (ion, molekul, mikro organisme, sel), objek yang besar dan jauh (hewan buas, permukaan bumi, gunung), benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat (sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet), benda atau peristiwa yang berbahaya (bencana alam, perang).

Baca juga:  Belajar Volume Tabung dengan Strategi Inkuiri Multimedia

Layanan BK berbasis video animasi dapat menjadi solusi alternatif bagi guru BK dalam penyelenggaraan layanan BK, khususnya pada layanan klasikal agar menarik dan tidak membosankan. Peserta didik diminta melihat video, kemudian guru BK melakukan identifikasi dengan melakukan umpan balik kepada peserta didik terkait pemahaman yang didapatkan setelah melihat video, serta rencana yang akan dilakukan setelah melihat video tersebut.

Bagi siswa diharapkan bisa mengambil hikmah dari tayangan yang ada, bukan hanya suka dengan filmnya saja. Karena harus dapat diambil inti dari film tersebut. Siswa diharapkan mampu menerapkan inti sari tayangan yang dilihat dalam kehidupannya sehari-hari termotivasi untuk mengikuti jejaknya. Bagi Guru BK diharapkan mampu mengembangkan metode pemberian layanan yang sudah ada agar siswa bisa lebih berminat mengikuti layanan. (pai2/ida)

Baca juga:  Memahami Nilai – Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari – Hari melalui Video Animasi

Guru BK SMPN 1 Siwalan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya