alexametrics

Pembelajaran Review dengan Observe and Remember menggunakan Media Visual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang penting di era globalisasi. Selain sebagai bahasa international, Bahasa Inggris juga dipandang sebagai bahasa formal yang harus dikuasai di jaman modern. Minimal kita harus mengetahui beberapa kata kerja atau vocabulary yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan perkembangan teknologi, belajar Bahasa Inggris tidak hanya lewat buku, tapi bisa secara online.

Di masa pandemi ini muncul kesulitan di semua bidang, khususnya bidang pendidikan, karena mempunyai tanggung jawab yang nyata sebagai sarana untuk belajar. Dunia pendidikan menghadapi tantangan dengan berbagai perubahan yang ada, karena dituntut untuk bisa melakukan penyesuaian dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satunya mengubah metode pembelajaran tatap muka menjadi daring (dalam jaringan).

Model pembelajaran selama pandemi ini yang bisa dilakukan adalah program pembelajaran dengan metode daring. Seluruh siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi ini. Namun demikian, ada banyak tantangan besar dalam pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh. Salah satunya sivitas akademika belum terbiasa menggunakan sistem pembelajaran sepenuhnya online.

Baca juga:  Detoksifikasi Rumah Meminimalkan Terjadinya Pencemaran Lingkungan Sekitar

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA banyak sekali materi- materi yang harus dipelajari secara mendetail untuk mempermudah siswa dalam memahami materi, maka dari itu untuk mempermudah dan tidak membosankan bagi siswa dalam pembelajaran Review yaitu dengan cara Observe and Remember.

Observe and Remember ini adalah salah satu metode agar siswa mudah dalam menceritakan atau mengulas kembali sebuah permasalahan secara langsung dengan cara mengamati dan mengingat apa yang dilihat dan didengar oleh siswa. Dan tentunya siswa juga akan merasa senang dengan suasana baru dengan menyimak sebuah peristiwa yang dilihat dan didengar melalui program TV dan bisa praktek langsung untuk melakukan pengamatan pada objek tersebut. Di sini siswa akan dilatih untuk melakukan sebuah pengamatan sekaligus mengingat apa yang dilihat pada topik tersebut.

Baca juga:  Pembelajaran Kooperatif untuk Mengajar Kalimat Imperatif

Cara untuk melakukan Observe and Remember ini sangatlah mudah. Yang pertama, guru memberikan arahan bahwa tugas ini dilakukan secara individu. Kedua, guru memberikan intruksi atau arahan acara yang harus dilihat, dicermati dan diingat diTV. Ketiga, guru memberikan topik yang harus dicermati dan diingat misalnya tentang Pendidikan selama masa pandemi dan atau masalah Covid-19. Keempat, guru memberikan batas waktu untuk siswa dalam melakukan pengamatan dan mengingat isi dari permasalahan yang dibicarakan dalam acara TV tersebut. Kelima, guru mengarahkan siswa untuk melakukan pengulasan Kembali pada pokok permasalahan atau topik yang dibicarakan dalam bentuk tulisan. Terakhir siswa mengirimkan ulasan permasalahan tersebut melalui file di grup dan guru mengecek hasil ulasan dengan metode observe and remember.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Justru Pupuk Rasa Nasionalisme

Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA N 1 Kesesi pada materi Review menggunakan metode Observe and Remember sangat baik dilakukan di SMA N 1 Kesesi karena siswa sangat antusias dan senang untuk melakukan metode ini selain berkompetisi untuk mendapatkan observe and remember yang banyak dan dituliskan di buku juga akan menambah kosakata juga menyenangkan karena melakukan pembelajaran di luar kelas. (ips2.2/ton)

SMAN 1 Kesesi, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya