alexametrics

Demonstrasi Meningkatkan Hasil Belajar Pelayaran Kapal Perikanan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Proses pembelajaran dari waktu ke waktu semakin berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi. Berbagai model, strategi dan media pembelajaran telah banyak diciptakan untuk mendorong berkembangnya proses pembelajaran saat ini. Dalam kegiatan proses pembelajaran juga ada faktor yang mendukung dan ada pula faktor yang menghambat.

Pelayaran Kapal Perikanan (PKP) adalah salah satu mata pelajaran yang diberikan pada siswa Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) kelas XI semester 3 di SMKN 3 Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 dimana pada kompetensi menerapkan pelayaran kapal di permukaan datar dengan prinsip pelayaran datar ini siswa diajarkan cara membaca, melukiskan dan menentukan posisi kapal pada peta laut. Guru menggunakan metode yang membuat siswa banyak beraktifitas. Dengan banyaknya aktifitas yang dilakukan, diharapkan dapat menimbulkan rasa senang dan antusias siswa dalam belajar. Dengan demikian pemahaman konsep Pelayaran Kapal Perikanan semakin lebih baik dan hasil belajarnya makin meningkat.

Baca juga:  Belajar Kondisi Alam Beragam Negara Asyik dengan Media Eart3d

Permasalahan pada kompetensi menerapkan pelayaran kapal di permukaan datar, hasil belajar siswa rendah. Maka guru perlu mengubah dalam metode pembelajaran, maka metode pembelajaran yang digunakan adalah demonstrasi. Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada peserta didik suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang ahli dalam topik bahasan (Mulyani Sumantri, dalam Roetiyah 2001 : 82). Keunggulan dari metode demonstrasi adalah kemungkinan siswa mendapat kesalahan lebih kecil, sebab siswa mendapatkan langsung dari hasil pengamatan kemudian siswa memperoleh pengalaman langsung, siswa dapat memusatkan perhatiannya pada hal-hal yang dianggap penting, bila melihat hal-hal yang membuat keraguan, siswa dapat bertanya langsung pada guru.

Baca juga:  Daur Ulang Sampah jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Hasil belajar merupakan wujud tujuan yang diperoleh berupa kesan – kesan yang mengakibatkan perubahan pada individu kemandirian hidup. (Djamarah. 1994:1-5).
Mata pelajaran Pelayaran Kapal Perikanan termasuk di dalamnya adalah menerapkan pelayaran kapal di permukaan datar dengan prinsip pelayaran datar sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang mengajarkan cara untuk melayarkan sebuah kapal dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan aman dan selamat sampai tempat tujuan. Jadi didalam menentukan yang akan ditempuh kapal, haruslah diperhatikan bagaimana seorang navigator harus bisa membaca peta dan faktor – faktor cuaca, keadaan laut, sifat-sifat kapalnya sendiri, dan faktor lainnya.

Kondisi awal pada mata pelajaran Pelayaran Kapal perikanan kompetensi menerapkan pelayaran kapal di permukaan datar dengan prinsip pelayaran datar belum sesuai dengan apa yang diharapkan (KKM). Sebelumnya aktivitas belajar siswa sangat memprihatinkan, dalam arti hanya ada sekitar 3 sampai 4 siswa (sekitar 11% – 14%) yang memperlihatkan aktifitas belajar cukup baik. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran Pelayaran kapal Perikanan mampu meningkatkan keaktifan siswa tentang Menerapkan Pelayaran Kapal di Permukaan Datar dengan Prinsip Pelayaran Datar”. Dengan rata – rata peserta didik yang tuntas belajarnya mencapai 100 % dengan nilai rata – rata 92,21, berarti ada peningkatan setelah dilakukannya penggunaan metode demonstrasi. (ips2.2/ton)

Baca juga:  Mengenalkan Bahaya Penggunaan Zat Aditif Sintetis melalui Proses Pembelajaran

Guru NKPI SMK Negeri 3 Tegal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya