alexametrics

Sistem Gerak Manusia Mudah Dipahami dengan Multimedia Interaktif

Oleh : Sri Rahmawati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMAKIN berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diperlukan suatu usaha yang dapat mempermudah mengetahui ilmu-ilmu tersebut (Wiyono, 2011). Salah satunya penggunaan teknologi. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dapat mengubah iklim pembelajaran di kelas tradisional, yaitu siswa umumnya hanya mendengar, melihat, menirukan apa yang dikatakan guru dan teks dalam buku. Tetapi dengan teknologi, siswa dapat menerima informasi bukan saja dari guru dan buku teks tetapi juga media lain yang interaktif sehingga siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan dan pemahaman secara sosial. Dengan demikian, siswa dapat membangun pembelajaran yang bermakna (meaningfull learning) (Zuhrieh, 2009).

Multimedia sebagai salah satu media dalam pembelajaran mampu meningkatkan daya ingat seseorang (Ahmadi, 2010). Penelitian yang dilakukan Sutarno (2011) menunjukkan hasil bahwa penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran medan magnet dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa

Baca juga:  3M Bagian Cara Hidup Sehat di Masa Pandemi

Penggunaan multimedia interaktif sangat berguna dalam proses pembelajaran, salah satunya pembelajaran IPA Terpadu. Karena ruang lingkupnya yang luas, adanya penggunaan multimedia interaktif dapat membantu siswa MTs Nahdlatul Ulama Mranggen mudah menguasai materi dalam mata pelajaran IPA Terpadu. Onintra (2009) menyebutkan multimedia interaktif dirancang dengan memasukkan gambar, video, suara dan animasi yang relevan pada mata pelajaran tersebut. Pembuatan multimedia interaktif dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa ketika belajar. Multimedia interaktif yang digunakan dalam pembelajaran merupakan media yang sangat baik untuk meningkatkan proses belajar dengan memberikan kesempatan bagi siswa dalam mengembangkan keterampilan, mengidentifikasi masalah, mengorganisasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi.
Untuk Meningkatkan pemahaman pembelajaran IPA siswa MTs Nahdlatul Ulama (NU) Mranggen Kabupaten Demak dalam materi sistem gerak pada manusia. Salah satunya media yang digunakan berbasis komputer. Media tersebut dikembangkan menjadi multimedia interaktif. Multimedia interaktif dapat diartikan sebagai kombinasi berbagai unsur media yang terdiri dari teks, grafis, foto, animasi, video, dan suara yang disajikan secara interaktif dalam media pembelajaran. Konsep-konsep abstrak dapat disajikan secara lebih nyata dalam proses pembelajaran IPA untuk memudahkan siswa memahaminya. Siswa akan belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga dapat memperbaiki hasil belajarnya.

Baca juga:  Berkreasi Membuat Miniatur 3 Dimensi Tata Surya dari Plastisin

Dalam kegiatan pembelajaran, siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif sehingga pengetahuan yang akan diterima dapat ditangkap dengan baik. Melalui multimedia interaktif ini, konsep-konsep abstrak dapat disajikan secara lebih nyata dalam proses pembelajaran untuk memudahkan siswa MTs NU Mranggen mudah memahaminya.

Ke depan, guru dapat lebih mengarahkan pada pembelajaran yang sifatnya memfasilitasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, terutama pada materi-materi abstrak. Karena materi abstrak membutuhkan pemahaman siswa yang lebih, dibandingkan dengan materi yang bersifat konkret. Dengan perlakuan yang sedemikian rupa, diharapkan siswa dapat memahami materi dengan baik sehingga meningkatkan hasil belajarnya. (ips2/ida)

Baca juga:  Konseling Individu untuk Membangun Potensi Siswa

Guru IPA MTs Nahdlatul Ulama Mranggen, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya