alexametrics

Mudah Pahami Materi Bangun Datar dengan Mathcard

Artikel Lain

RADARSEMRANG.ID, MATEMATIKA mempunyai peranan dalam melatih penalaran siswa. Merupakan salah satu ilmu yang selalu berkembang, baik dari sisi materi maupun manfaatnya bagi masyarakat. Oleh karena itu, matematika penting dikuasai sejak dini. Menurut Ahmad Susanto (2015:183), matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

Siswa SD banyak yang beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang membosankan dan tidak menarik. Salah satunya adalah pada materi bangun datar, yakni bangun yang seluruh bagiannya terletak pada bidang datar, bangun datar disebut juga bangun dua dimensi (Sunarjo, 2007:100), bangun datar yang dimaksud disini adalah persegi, persegi panjang, trapezium, jajar genjang dan segitiga.

Berdasarkan data yang diperoleh dari siswa kelas IV SD Negeri 2 Tegalrejo Ngadirejo, kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika, bangun datar relatif masih rendah. Hal ini disebabkan model maupun metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar kurang dapat melibatkan partisipasi siswa. Banyak guru yang mengajar dengan cara monoton dan tidak memperhatikan gaya belajar siswa. Oleh karena itu, guru harus memiliki kreativitas yang tinggi dalam menyampaikan materi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa agar mampu mengatur dan mengolah informasi secara maksimal. Salah satunya dengan kartu mathcard.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Integritas Sosial dengan Problem Based Learning

Supriyono (2013:120) menjelaskan bahwa mathcard (mencari pasangan kartu) adalah suatu strategi yang cukup menyenangkan digunakan untuk memantapkan pengetahuan siswa terhadap materi yang dipelajari. Sedangkan menurut Hamruni (2011:162), mathcard adalah cara menyenangkan dan aktif untuk meninjau ulang materi pelajaran. Mathcard dilaksanakan dengan tujuan, siswa dapat tertarik terhadap matematika, dan mengenal bentuk-bentuk geometri matematika seperti persegi panjang, segitiga, trapezium dan belah ketupat.

Langkah-langkah pembelajaran matematika materi bangun datar yaitu, setiap siswa mengetahui bagaimana cara mencari luas bangun datar persegi, segitiga, persegi panjang, trapezium dan belah ketupat, permainan dilakukan oleh 4 siswa atau dapat dilakukan secara tim, dimana 1 tim terdiri atas 4 siswa. Kartu mathcard dikocok, kartu dibagikan ke setiap peserta (salah seorang hanya mendapatkan 3 kartu). Setiap siswa menghitung luas bangun datar yang terdapat pada kartu yang didapatnya. Apabila dua kartu dijumlahkan, menghasilkan nilai 100, maka dapat disimpan dengan catatan kedua kartu tersebut adalah bangun datar yang berbeda. Contoh, kartu pertama gambar persegi p=5, l=4 jadi luas =pxl =5×4=20. Kartu kedua gambar segitiga, diketahui t=16, l=10, Luas =½ alas xt=8×10=80, sehingga jika dijumlahkan hasilnya adalah 100. Kemudian untuk mencari kartu agar bernilai 100 dengan bagun datar yang berbeda, maka siswa dapat mengambil kartu dari siswa yang lain, demikian seterusnya hingga menemukan 2 kartu yang jika dijumlahkan bernilai 100.
Metode pembelajaran dengan mathcard jika diterapkan membuat siswa senang dalam belajar karena konsepnya adalah bermain sambil belajar, sehingga dengan mathcard diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain kegiatan belajar mengajar akan lebih menarik, siswa juga akan lebih tekun dalam belajar dan melaksanakan tugas, senang mencari dan memecahkan masalah matematika yang bervariasi. (fbs2/ida)

Baca juga:  MOJIG Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Guru SDN 2 Tegalrejo, Ngadirejo, Temanggung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya