alexametrics

Whole a Mole, Game FPB-KPK Anti Boring

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika masih menjadi mata pelajaran yang dihindari siswa. Padahal dalam pelaksanaan kehidupan sehari-hari matematika sangat berguna. Tidak terkecuali materi FPB-KPK. Siswa kelas 6 SD masih kebingungan ketika membedakan FPB (Faktor Persekutuan Besar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Kecil).

Penguasaan konsep yang kurang maksimal ditambah pembelajaran daring membuat siswa semakin jenuh dan tidak menguasai materi tersebut. Mengubah persepsi siswa terhadap matematika menjadi PR bagi guru.

Salah satu upaya untuk menunjang pembelajaran matematika materi FPB dan KPK secara daring adalah dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi yang dipilih tentunya yang menyenangkan. Tidak hanya rangkuman materi yang sama dengan buku. Alternatif yang digunakan adalah memakai game yang menyenangkan. Mengapa memilih game? Karena kondisi psikologis anak usia SD masih senang bermain. Game juga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal. Rasa penasaran siswa pun dapat muncul ketika menggunakan game.

Baca juga:  Belajar Matematika Mudah dan Asyik dengan PBL

Game yang dipilih adalah whole a mole. Game ini tersedia secara gratis dan mudah digunakan di alamat wordwall.net. Tampilannya sederhana dan mudah dimengerti. Ada banyak model permainan yang tersedia. Whole a mole dipilih karena tampilannya lebih menarik. Berupa hewan yang muncul bersama jawaban benar/salah. Cara pembuatannya kita hanya memasukkan soal KPK-FPB, pilihan-pilihan jawaban yang benar dan salah. Jawaban benar dan salah minimal 3 jawaban.

Pelaksanaan pembelajarannya tinggal membagikan link di grup whats app siswa. Siswa menge-klik link tersebut dan otomatis masuk ke game. Siswa menjawab soal dengan cara menekan mole yang muncul. Mole akan muncul dengan membawa angka. Siswa diminta hanya menekan mole dengan angka yang benar sesuai dengan soal. Setelah selesai, siswa akan melihat score yang didapat. Kemudian siswa mengeklik leaderboard dan mengisi nama. Akan muncul peringkat dengan perolehan score tertinggi dan waktu pengerjaan tercepat. Semakin tinggi score dan semakin cepat pengerjaan soal, maka peringkatnya juga semakin tinggi.

Baca juga:  Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika dengan Snowball Driling

Game Whole a Mole ini sudah diterapkan di kelas 6 SD Negeri Gumawang 02. Siswa mengaku bahwa dengan game ini mereka ditantang untuk berpikir cepat dan tepat. Meskipun harus berpikir cepat, mereka senang karena game tersebut tidak membosankan. (ips2.2/ton)

Guru Kelas 6 SD N Gumawang 02

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya