alexametrics

Pembelajaran Materi Pendapatan Nasional dengan Metode Tutor Sebaya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi ini karena proses pembelajaran dilakukuan secara online, maka guru harus pandai dalam melakukan pembelajaran siswa tidak merasa jenuh ataupun bosan. Dalam proses pembelajaran materi Pendapatan Nasional pada siswa SMAN 1 Kesesi kelas XI IPS mencoba menggunakan mtode Tutor Sebaya atau peer teaching yang bisa dilakukan di rumah.

Metode tutor sebaya (peer teaching) adalah kegiatan belajar mengajar yang memberi kesempatan pada sisiwa untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau ketrampilan pada siswa yang lain untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar. Tujuannya agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik atau suatu metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberdayakan siswa yang memiliki daya serap yang tinggi (siswa yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran yang diajarkan) dari kelompok siswa itu sendiri untuk menjadi tutor bagi teman-temannya. Di mana siswa yang menjadi tutor bertugas untuk memberikan materi belajar dan latihan kepada teman-temannya (tutee) yang belum paham terhadap materi/latihan yang diberikan guru dengan dilandasi aturan aturan yang telah disepakati bersama dalam kelompok tersebut, sehingga akan terbangun suasana belajar kelompok yang bersifat kooperatif bukan kompetitif.

Baca juga:  Persamaan Dasar Akuntansi dengan Pendekatan Aljabar

Dalam pembelajaran Pendapatan Nasional dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya mempunyai 3 tahap yaitu : Pertama, tahap persiapan. Kedua, tahap pelaksanaan. Ketiga, tahap evaluasi. Tahap Persiapan adalah tahap di mana guru membuat program pembelajaran satu pokok bahasan yang dirancang dalam bentuk penggalan- penggalan subpokok bahasan. Setiap penggalan satu pertemuan yang didalamnya mencakup judul penggalan tujuan pembelajaran, khususnya petunjuk pelaksanaan tugas tugas yang harus diselesaikan. Guru menunjuk beberapa orang siswa yang memenuhi kriteria sebagai tutor sebaya. Kemudian mengadakan latihan bagi para tutor. Dalam pelaksaan tutorial siswa yang menjadi tutor bertindak sebagai guru. Tahap Pelaksanaan adalah guru memberikan penjelasan terlebih dahulu tentang materi yang diajarkan, siswa belajar dalam kelompoknya sendiri. Tutor sebaya menanyai anggota kelompoknya secara bergantian akan hal-hal yang belum dipahami atau dimengerti. Jika ada masalah yang belum terselesaikan maka tutor akan meminta bantuan kepada guru. Tahap Evaluasi adalah sebelum kegiatan pembelajaran berakhir, guru memberikan soal- soal latihan kepada anggota kelompok (selain tutor) untuk mengetahui apakah sudah menjelaskan dan menjalankan tugasnya serta mengingatkan siswa untuk mempelajari subpokok bahasan sebelumnya.

Baca juga:  Google Meet untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter pada Pelajaran Ekonomi

Metode pembelajaran tutor sebaya dapat dilaksanakan dengan beberapa pertimbangan agar mencapai siswa yang aktif sebagai mana yang diharapkan dalam kurikulum 2013. Begitu banyak kelebihan secara mental, antara lain dapat menghilangkan kecanggungan. Bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami selain itu dengan teman sebaya tidak ada rasa enggan, rendah diri, malu dan sebagainya, sehingga metode ini sangat cocok untuk siswa di SMAN 1 Kesesi khususnya kelas XI IPS sehingga siswa yang kurang paham tidak segan-segan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi. (ips2. 2/ton)

Guru Ekonomi SMAN 1 Kesesi, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya