alexametrics

Permudah Belajar Pola Busana dengan Media Video

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SELAMA pandemi Covid-19, berimbas dalam pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Proses pembelajaran yang seharusnya lebih banyak praktik, kini terkendala dengan adanya wabah ini. Tentu, guru di sekolah kejuruan tidak boleh menyerah untuk mendidik siswanya agar kompeten di bidangnya. Meslo proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) banyak plus-minusnya, baik bagi guru maupun siswanya, tetap mencari alternatif yang terbaik. Meskipun SMKN 1 Jambu merupakan sekolah yang letaknya di pedesaan dan siswanya banyak yang bertempat tinggal di daerah pegunungan. Bahkan, dalam proses PJJ sangat terkendala dengan sinyal internet.

Dalam hal ini peran guru sebagai pengembang ilmu sangat besar untuk memilih dan melaksanakan pembelajaran yang tepat dan efisien bagi peserta didik. Bukan hanya pembelajaran berbasis konvensional. Pembelajaran yang baik dapat ditunjang dari suasana pembelajaran yang kondusif serta hubungan komunikasi antara guru dan siswa dapat berjalan dengan baik. Berangkat dari kondisi pandemi Covid-19, video pembelajaran dalam mapel Pembuatan Pola pada kelas X Tata Busana dikembangkan atas dasar asumsi bahwa proses komunikasi di dalam pembelajaran akan lebih menarik minat siswa. Yakni dengan memberikan kemudahan untuk memahami materi pembuatan pola. Karena penyajiannya yang interaktif, sehingga semua materi pelajaran dapat disampaikan sesuai dengan tuntutan silabus dan alokasi waktu yang diberikan. Dengan memanfaatkan berbagai media sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran.

Baca juga:  Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran di Sekolah

Video pembelajaran adalah media yang dirancang secara sistematis yang memungkinkan peserta dididk dapat menerima materi pembelajaran terutama pada mapel Pembuatan Pola Kelas X secara lebih mudah dan menarik yang dikemas secara praktis dan dikirim melalui Google Classroom baik melalui Youtube, maupun file. Dalam pembelajaran pembuatan pola hampir 85 persen praktik. Dalam kondisi seperti ini, guru harus produktif mengambil langkah atau mempermudah dalam penyampaikan materi pembuatan pola menggunakan video. Dengan begitu, siswa tidak akan mengalami kesulitan dalam proses belajar daring (PJJ).

Siswa kelas X belum mengenal mata pelajaran pembuatan pola, namun mereka sudah ada buku pedoman atau buku paket. Meskipun dalam pelaksanaan banyak kendala, memang dalam pembelajaran melalui video tidak setiap jam pertemuan bisa dilaksanakan, tetapi harus pilih materi yang kiranya bisa dibuat video pembelajaran untuk mempermudah atau memahamkan siswa dalam menerima pelajaran. Selain itu, dalam penyampaian materi pembuatan pola melalui video tidak membutuhkan banyak waktu, tetapi disesuaikan dengan KD-nya yang akan disampaikan. Di sini guru dalam proses pembuatan video hanya sederhana, namun bisa mencangkup semua KD yang akan disampaikan.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Mikrobiologi dengan Fast Stone Capture

Dalam proses PJJ menggunakan video diharapkan dapat digunakan sebagai bahan acuan pengembanagn video pembelajaran interaktif guna meminimalisasi kejenuhan dan kebosanan dalam pembelajaran daring. Akibatnya, motivasi belajar siswa menjadi berkurang untuk memahami materi yang diberikan oleh guru. (fbs1/ida)

Guru Tata Busana SMKN 1 Jambu, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya