alexametrics

Butuh Fasilitas Belajar Matematika dan Dukungan Orang Tua

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MASA pandemi Covid-19, menuntut guru di Indonesia untuk mengadakan pembelajaran secara daring, termasuk guru matematika. Matematika adalah pelajaran yang paling ditakuti oleh peserta didik, karena kerumitannya, penggunaan simbol, angka, dan rumus membutuhkan nalar yang tinggi dan partisipasi aktif seluruh siswa dalam proses pembelajaran matematika.
Fasilitas belajar adalah suatu alat atau pelengkap dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa maupun guru. Hal itu untuk memperlancar dan memudahkan proses pembelajaran yang akan dilakukan. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, dibutuhkan alat pendukung demi keberhasilan belajar matematika secara daring yaitu ponsel, komputer, dan laptop. Kuota internet sebagai perangkat atau media penghubung pembelajaran daring dan listrik. Fasilitas pendukung belajar jarak jauh, tanpa itu bagi sebagian siswa dan guru, belajar dari rumah malah menyulitkan. Tidak semuanya memiliki peralatan yang memadai. Keterbatasan peralatan daring membuat proses belajar dari rumah tidak maksimal. Aktivitas belajar dan bekerja dari rumah, justru menyebabkan biaya internet dan listrik meningkat.

Baca juga:  Belajar Matematika di Rumah saja dengan PBA

Bersyukur, fasilitas belajar di SMP Negeri 3 Comal agak lengkap sehingga cukup mendukung proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Model pembelajaran daring membutuhkan fasilitas cara belajar mengajar dan model-model konseling yang berbeda, karena anak-anak terpisah dari lingkungan sosial lamanya.

Kreaktivitas guru matematika di SMP Negeri 3 Comal menjadi acuan penting dalam mensukseskan pembelajaran matematika yang berbasis daring. Mengingat pelajaran matematika akan membosankan dan membuat jenuh, ketika guru tidak bisa menjelaskan dengan baik dan ringan setiap materi pembelajaran yang diberikan. Guru matematika yang kreatif juga berperan aktif dalam memberikan motivasi dan inspirasi kepada peserta didik agar siswa merasa nyaman, dan mempunyai semangat yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran matematika. Beberapa aplikasi dapat digunakan dalam pembelajaran daring seperti Google Classroom, Youtube, Whatshapp, Google Form, Power Point, Zoom dan lain-lain.

Baca juga:  STAD Tingkatkan Keaktifan Belajar Program Linear

Dukungan orang tua sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan peserta didik. Namun, masih banyak orang tua yang kurang menyadari akan perannya dalam mendukung pendidikan anak dan menyerahkan sepenuhnya pada sekolah. Untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan, dibutuhkan sinergi yang harmonis antara pihak sekolah dan orang tua. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika, salah satunya adalah ada tidaknya dukungan orang tua.

Dukungan orang tua yang dimaksud adalah bagaimana sikap perhatian yang muncul dari siswa dan adanya dukungan dari orang tua maka akan menunjang prestasi belajar peserta didik yang lebih baik. Demi keberhasilan belajar matematika, seharusnya orang tua mendampingi anak untuk belajar di rumah, orang tua diharapkan dapat membantu menuntaskan masalah pelajaran di sekolah untuk memahami materi pelajaran yang tidak dikuasainya. Ciptakan suasana nyaman dalam belajar, perhatian dan kasih sayang akan mempengaruhi keberhasilan dalam belajar matematika. (fbs1/ida)

Baca juga:  Materi Penjumlahan Lebih Mudah dengan Abakus

Guru Matematika SMPN 3 Comal, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya