alexametrics

Asyiknya Belajar Mikrobiologi dengan Fast Stone Capture

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 telah mengubah tatanan masyarakat. Perilaku kehidupan dipaksa untuk berubah, dari yang semula leluasa beraktivitas dan berinteraksi sosial, dipaksa beradaptasi dengan kebiasaan di rumah saja. Pada sektor pendidikan, sekolah diliburkan, peserta didik SMKN 1 Salam belajar dari rumah. Pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Rasa bosan yang dialami oleh peserta didik ketika mengikuti pembelajaran secara daring selama delapan bulan telah mempengaruhi kualitas pembelajaran yang sedang berlangsung. Banyak siswa yang merasa bosan. Hal tersebut mempengaruhi kesehatan mental dan akhirnya mempengaruhi kualitas imun yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik menjadi buruk. Pembelajaran yang sudah berlangsung selama ini adalah model pembelajaran yang mempengaruhi otak kiri yang mengabaikan otak kanan. Akibatnya banyak peserta didik stres, kesehatan mental dan fisiknya buruk (HD Iriyanto Erlangga, 2012:29).
Dengan kondisi tersebut, tentunya harus ada solusi agar kualitas pembelajaran terus tetap berjalan. Pembelajaran pada saat kondisi abnormal dapat dilakukan dengan pembelajaran daring yang butuh biaya yang tidak sedikit. Kelas maya merupakan sebuah alternatif fasilitas penyedia pembelajaran online agar pendidik dapat berinteraksi dengan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Revolusi pembelajaran telah berlangsung saat ini. Sebenarnya kelas maya ini bukan menggantikan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan guru bersama dengan peserta didik. Tetapi saat ini, hal tersebut terpaksa harus dilakukan karena penyebaran Covid-19 masih berlangsung secara masif, sehingga pendidik dan peserta didik tidak dapat bertemu dalam kegiatan pembelajaran.

Baca juga:  Asyiknya Membuat Teks Pidato Persuasif melalui YouTube

Untuk mengatasi hal tersebut, peran guru sangatlah penting. Guru diharapkan dapat menghilangkan kebosanan yang dirasakan oleh peserta didik dengan menjadi guru asyik dan menyenangkan ketika pembelajaran daring berlangsung. Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan pada saat pandemi berlangsung adalah menggunakan aplikasi fast stone capture yang dapat merekam layar laptop. Dengan begitu, apapun yang ada di layar laptop akan terekam dan menjadi video yang dapat digunakan untuk tutorial yang menampilkan langsung layar laptop. Hal ini tentu memudahkan siswa dalam belajar. Sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa penggunaan teknologi memberikan dampak positif dalam pembelajaran (Megahantara, 2017).

Adapun langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan men-download aplikasi lalu buka file, klik folder fast stone, klik hingga aplikasi screenrecorder terbuka. Selanjutnya, klik record sehingga muncul titik warna merah. Lalu dua garis di-cursore mouse diarahkan ke pojok layar laptop bawah. Klik start, sehingga layar akan merekam materi pelajaran mikrobiologi yang disampaikan oleh guru. Jika sudah selesai merekam penjelasan mikrobiologi, klik warna merah sehingga akan muncul tampilan save, resum atau batal menyimpan. Selanjutnya, siswa dapat belajar mikrobiologi melalui video, sehingga tidak hanya gambar dan tulisan yang siswa dapatkan, tetapi siswa dapat mengetahui materi mikrobiologi dengan penjelasan guru. Hasilnya, siswa bisa jauh lebih memahami materi mikrobiologi. (fbs1/ida)

Baca juga:  Memahami Sistem Periodik Unsur dengan Metode TGT

Guru SMKN 1 Salam, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya