alexametrics

Peran Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era New Normal Pendidikan

Oleh: Paryuni,S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEJAK bulan Maret 2020 dunia pendidikan baik mulai dari SD sampai Perguruan Tinggi mengalami perubahan yang sangat dratis.Mulai tgl 16 Maret 2020 semua siswa mulai belajar dari rumah .Pembelajaran dilakukan guru lewat internet lebih kerennya disebut “ daring”.Guru memberi tugas dari sekolah dan siswa dengan didampingi orang tua mengerjakan tugas di rumah.Banyak juga orang tua atau wali murid SDN Karangrejo 02 yang menghadap ke Kepala Sekolah dengan menceritakan kendala yang dihadapi saat pembelajaran daring.Kendala- kendala itu antar lain HP bukan milik siswa sendiri,HP dibawa orang tua bekerja,bahkan ada yang tidak memiliki HP.Mengirim tugas pembelajaran sudah malam karena membimbing anaknya belajar setelah pulang dari kerja.

Untuk siswa yang tidak memiliki HP ,saya selaku pemimpin di Sekolah Dasar Karangrejo 02 meminta guru untuk menyiapkan tugasnya secara luring,sehingga wali murid hadir di sekolah untuk mengambil tugas anaknya sesuai dengan protokol yang berlaku yaitu menggunakan masker dan tes suhu badan serta cuci tangan.

Baca juga:  Pembelajaran Inklusi Tingkatkan Kompetensi Gerak Spesifik Smash Bola Voli

Kepala sekolah harus mampu dan mempunyai manajemen yang memadai untuk menjalankan tugasnya .Kemampuan ini sangat didukung pada saat mengatur personal atau SDM yang dimilikinya di sekolah (Saroni,2006: 21-22)

Kepala sekolah adalah sosok yang diberi kepercayaan dan kewenangan oleh banyak orang ( anak buah ) untuk membawa sekolah ke arah tujuan yang ingin dicapai (Saroni,2006: 37),Menurut (Wahjosumidjo,2002: 84) Kepala sekolah juga merupakan jabatan pemimpin yang tidak bisa diisi oleh orang- orang tanpa didasarkan atas pertimbangan – pertimbangan siapapun yang akan menjadi kepala sekolah ditentukan melalui prosedur- prosedur tertentu.

Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah mempunyai pengaruh yang dominandalam meningkatkan mutuhasil belajardan merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan sekolah yang dipimpinnya dalam mencapai tujan pendidikan .William menyatakan “ The learder behavior of school principal is one determinant of the ability of a school to attain its stated eduacational goals”Pendapat tersebutmenggambarkan bahwa setiap perilaku kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan diarahkan untuk membantu pencapaian tujuan pendidikan,sehingga kepala sekolah berkewajiban dalam membina,mengarahkan,menugasi,memeriksa,mengukur hasil belajar para guru di sekolah yang di pimpnnya ( Mujtahid,2011: 65)

Baca juga:  SAVI Bikin Menari Lebih Berenergi

Pemerintah Kota Semarang Dinas Pendidikan mengeluarkan surat edran tanggal 7 September 2020 tentang Persiapan Pembelajaran Tatap Muka,dasarnya adalah SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi terkait dengan pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakansecara tatap muka.Sehubungan dengan itu langkah- langkah yang saya ambil sebgai kepala sekolah di SDN Karangrejo 02 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang agar dapat menyiapkan sekolah di Era New Normal adalah sebagai berikut: Membersihkan lingkungan sekolah dengan menyemprotkan disekfektan. Melengkapi sarana dan prasarana cuci tangan di setiap kelas. Membagikan angket pernyataan setuju/ tidak setuju ada pembelajaran tatap muka. Mengundang paguyuban dan komite untuk mensosialisasikan gerakan new normal dan meminta dukungan dari orang tua.

Baca juga:  Lupakan Belajar Matematika melalui Metode Talk and Chalk dengan GI

Menjalin kerjasama dengan dinas kesehatan minimal Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan berkala pada peserta didik,dan bila ada yang terkena covid- 19 dapat segera dirumahkan dan ditanggani. Membuat jadwal guru yang akan mengontrol social distencing peserta didik selam dalam kawasan lingkungan sekolah. Membagi jumlah peserta didik menjadi dua bagian dengan tujuan sosial distencing di dalam kelas dapat terjalankan dan bisa jaga jarak. Menyusun raster/ jadwal pembelajaran. Melaksanakan proses pembelajaran dalam dua shif/ dua gelombang. Peserta didik membawa makanan/jajanan dari rumah. Para orang tua saat mengantar dan menjemput menggunakan masker. Siswa dijeput sesuai jadwal dengan menggunakan protokol kesehatanyang harus dipatuhi.

Itulah langkah- langkah yang saya ambil sebagai Kepala Sekolah di SDN Karangrejo 02 Kota Semarang dalam menyiapkan New Normal Pendidikan. (pai1/zal)

Kepala SDN Karangrejo 02

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya