alexametrics

Peer Coaching Tingkatkan Guru dalam Mengelola Remedial

Oleh : Jumanah, S.Pd, M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENURUT Sukardi (2011), remedial adalah upaya guru (dengan atau tanpa bantuan/ kerjasama dengan ahli pihak lain) untuk memungkinkan individi atau kelompok siswa dengan karakteristik tertentu lebih mampu mengembangkan dirinya (meningkat prestasi, penyesuaian kembali) seoptimal mungkin sehingga dapat memahami kriteria keberhasilan minimal yang diharapkan, dengan melalui suatu proses interaksi yang berencana, terorganisasi, terarah terhadap keamanan kondisi objektif individu dan satu kelompok siswa yang bersangkutan serta daya dukung sarana lingkungannya.
Belum efektifnya pelaksanaan program perbaikan di sekolah sebagian besar guru beralasan kesulitan mengatur waktu, sebab kalau dilaksanakan pada jam belajar efektif kendalanya mengurangi jatah waktu belajar efektif yang telah diprogram untuk memenuhi target kurikulum sesuai kalender pendidikan yang telah disusun, masih banyak mengalami kesulitan dalam mengelola kelas dengan dua macam kegiatan pembelajaran sekaligus pada waktu yang bersamaan yaitu perbaikan dan pengayaan. Masih rendahnya kemampuan guru dalam memilih metode dan strategi yang tepat untuk melaksanakan program pembelajaran perbaikan, jumlah peserta didik yang menjadi tanggung jawab untuk dilayani guru sesuai jumlah jam mengajarnya cukup banyak, mengingat untuk program perbaikan lebih merupakan bimbingan individual. Serta sebagian besar guru dalam melaksanakan program perbaikan orientasinya semata-mata hanya untuk memperbaiki angka/nilai, bukan untuk penguasaan kompetensi sehingga pelaksanaan perbaikan umumnya berupa tes ulang dan berulang sampai nilainya berubah dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Baca juga:  Teknik Mnemonik Memudahkan Belajar Struktur Teks Bahasa Indonesia

Atas dasar pertimbangan di atas untuk dapat melaksanakan pembelajaran perbaikan dengan maksimal kompetensi guru tentang pembelajaran perbaikan perlu ditingkatkan. Salah satu jenis kegiatan yang kemungkinan dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru tentang pembelajaran perbaikan adalah melalui pelatihan teman sejawat (Peer Coaching).

Peer coaching ialah pengembangan kolaborasi, perbaikan serta berbagi pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dapat tercapai dengan baik jika partisipan adalah mereka yang saling mengenal dan memiliki kepercayaan satu dan yang lain. Hal ini penting mengingat bahwa di antara partisipan akan terjadi interaksi berupa pemberian masukan bagi mereka yang memiliki kelemahan. Jika tidak ada rasa dan semangat bersama untuk maju, masukan yang diberikan oleh partisipan yang lain akan dapat menimbulkan ketidakharmonisan hubungan di antara para partisipan. Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Showers & Joyce: When teachers try to give one another feedback, collaborative activity tends to disintegrate. Dalam kaitannya dengan hal ini, komunikasi kolaborasi sangat penting. Kemampuan komunikasi interpersonal yang baik akan sangat efektif dalam membangun dan memelihara hubungan kolaboratif dalam rangka mencapai kemitraan peer coaching yang sukses.

Baca juga:  Serunya Pendidikan Kespro Remaja melalui Modul Setara

Tahapan peer coaching disingkat dalam kata GROW ME: Goal, Reality, Option, What Next, Monitoring, dan Evaluation yang dikembangkan oleh Ng Pak Tee. Goal, yaitu menyusun tujuan atau target yang diharapkan; Reality, yaitu menganalisis kondisi saat ini; Option, yaitu mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan tindakan untuk dapat meraih tujuan; What’s Next atau Will, yaitu menentukan tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan dan melakukan tindakan untuk meraih tujuan; Monitoring, yaitu mengecek atau mengamati tindakan-tindakan yang dilakukan dan kemajuannya; Evaluation, yaitu melakukan refleksi terhadap semua tindakan dan kinerja yang dihasilkan.

Dengan demikian Peer Coaching dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola perbaikan pembelajaran (Remedial Teaching). Terbukti pada peningkatan kemampuan guru di SD Negeri Karangsuno dalam mengelola perbaikan pembelajaran (Remedial Teaching). (pai1/zal)

Baca juga:  Solusi Pembelajaran Kelas 1 Kolaborasi PJJ dan Home visit di Masa Pandemi

Kepala SDN Karangsuno, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya